1. Memiliki Produk
Sebelum menjual tentunya sudah harus ada produk yang disediakan dan siap untuk dijual kepada calon calon konsumen. Produk yang akan dijual harus memiliki karakteristik tertentu misalkan, Kategori kebutuhan produk sehari hari / kebutuhan perkakas rumah / peralatan otomotif / makanan & minuman / beras / handphone & vouchernya / sembako / lain lain bahkan kombinasi dari beberapa kategori produk
2. Dikomunikasikan
Memiliki produk yang cukup, memiliki market yang potensial, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah dikomunikasikan kepada dhalayak ramai, mengenai bisnis anda maupun produk yang anda tawarkan. Pentingnya aktivitas marketing seperti mengadakan event jajanan pasar kecil kecilan, seminar umum yang menarik minat masyarakat / kelas kursus singkat dan lain lain akan sangat membantu untuk menambah brand awareness di daerah yang akan anda garap. Semakin tinggi tingkat brand image / brand awareness akan suatu produk, memiliki korelasi dengan jumlah omset yang terus meningkat.
Dengan memahami pentingnya langkah langkah dasar untuk berhasil dalam bisnis retail, keuntungan dari perencanaan berbisnis dapat segera diperoleh, sukses selalu, salam luar biasa
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H