Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Wiraswasta - Sports, Music, Technology Expert

pemerhati olahraga dan musik lagi getol nonton surfing, sport climbing, tenis. very welcome to contact me at bolafanatik(at)gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola

Islandia Buat Sejarah, Oranje Belanda Tertimpa Petaka

7 September 2015   04:56 Diperbarui: 7 September 2015   05:01 528
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Setelah kemarin tim Three Lions menjadi kesebelasan pertama yang lolos dari fase kualifikasi Piala Eropa 2016, pada dini hari ini ada dua kesebelasan lain yang memastikan lolos ke putaran final Piala Eropa tahun depan.

Republik Ceko menjadi kesebelasan kedua yang lolos dari kualifikasi Piala Eropa 2016 setelah sukses kalahkan tuan rumah Latvia dengan skor 2-1. Republik Ceko memimpin 2-0 di babak pertama berkat gol yang dicetak oleh David Limbersky dan Vladimir Darida. Di babak kedua Latvia hanya bisa membalas satu gol lewat sumbangan Artūrs Zjuzins.

Kemenangan atas Latvia tersebut membawa Republik Ceko memimpin klasemen Grup A dengan mengoleksi 19 poin, yang sekaligus mengantarkan Republik Ceko lolos ke Piala Eropa tahun depan, karena jumlah perolehan poin mereka tak mungkin lagi terkejar oleh peringkat tiga Turki dalam dua pertandingan tersisa. Republik Ceko pun sukses mempertahankan rekor selalu lolos ke putaran final Piala Eropa sejak tahun 1996.

Sementara itu, timnas Islandia buat sejarah untuk pertama kalinya tampil di turnamen besar sekelas Piala Eropa. Islandia memastikan lolos ke Piala Eropa 2016 walau hanya bermain imbang tanpa gol dengan Kazakhstan. Jumlah poin yang dikoleksi Islandia kini sama dengan perolehan poin Republik Ceko. Islandia hanya kalah jumlah selisih gol.

Petaka menimpa timnas Oranje Belanda, karena mengalami kekalahan telak 0-3 dari tuan rumah Turki. Tiga gol Turki masing-masing disumbangkan oleh Oğuzhan Özyakup, Arda Turan dan Burak Yilmaz.

 

(Van Persie & Sneijder tertunduk lesu pasca Belanda kalah 0-3 lawan Turki)

Hasil tersebut membuat Belanda semakin terancam gagal lolos ke putaran final Piala Eropa 2016. Belanda saat ini hanya mengoleksi 10 poin dari 8 kali bertanding dan menempati peringkat empat klasemen Grup A, tertinggal dua poin dari Turki yang berada di peringkat ketiga. Turki kini hanya memerlukan satu kemenangan lagi dari dua pertandingan tersisa di Grup A untuk memastikan tempat di peringkat ketiga, sekaligus memastikan lolos ke fase play off.

Dalam pertandingan kualifikasi Grup B, Wales harus menunda pastikan lolos dari kualifikasi, karena hanya mampu bermain imbang tanpa gol lawan Israel. Hasil tersebut membuat Wales yang kini memimpin klasemen Grup B dengan 18 poin, masih terpaut lima poin dari Israel yang berada di posisi ketiga. Wales membutuhkan satu kemenangan lagi untuk pastikan lolos ke Piala Eropa tahun depan.

Azzurri Italia semakin dekat untuk pastikan lolos ke putaran final Piala Eropa 2016, setelah sukses kalahkan Bulgaria dengan skor tipis 1-0. Gol tunggal Italia dicetak oleh Daniele De Rossi lewat tendangan penalti pada menit keenam. Daniele De Rossi sendiri mendapatkan kartu merah pada menit ke-55 setelah bersitegang dengan pemain Bulgaria, Iliyan Mitsanski.

Timnas Italia semakin mantap memuncaki klasemen Grup H dengan perolehan 18 poin. Jika pada pertandingan berikutnya bisa mengalahkan Azerbaijan, maka Azzurri bakal pastikan lolos ke Piala Eropa 2016. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun