Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Penulis - Digipreneur since 2010

you can contact me at bolafanatik(at)Gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Gabriel Mercado, Pesona Pemain Lokal Argentina di Tengah Bintang Klub Eropa

25 Juni 2016   00:40 Diperbarui: 25 Juni 2016   17:29 465
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gabriel Mercado/ foto: mediotiempo.com

Tim nasional Argentina tampil mempesona dari babak grup hingga semifinal Copa America Centenario. Argentina selalu menang dalam lima pertandingan, mencetak total 18 gol, serta membuat tiga hasil clean sheet. 

Hampir semua pemain pilar Argentina yang bermain cemerlang di Copa America Centenario berasal dari klub-klub elit di benua Eropa, terutama dari Liga Primer Inggris dan La Liga Primera Spanyol. 

Di tengah deretan pemain bintang klub Eropa yang tampil gemilang bersama Argentina di Copa America tahun ini, tersisip satu pemain klub lokal Argentina yang bermain mempesona di sektor sayap lini pertahanan. 

Gabriel Mercado satu-satunya pemain lokal Argentina yang dipercaya sebagai pemain inti oleh pelatih Gerardo Martino. Mercado membela klub River Plate. Bek kanan berusia 29 tahun tersebut sudah empat kali main sebagai starter di Copa America Centenario. Gabriel Mercado sekali diistirahatkan dalam pertandingan terakhir Grup D melawan Bolivia, karena Argentina sudah memastikan lolos ke perempat final.  

REKAN SEANGKATAN AGUERO-DI MARIA-BANEGA-ROMERO

Gabriel Mercado terbilang telat bersinar saat rekan-rekan seangkatannya sudah ngetop di seantero dunia. Gabriel Mercado merupakan rekan seangkatan pemain beken Sergio Aguero, Angel Di Maria, Ever Banega dan Sergio Romero. Mereka bersama-sama membawa tim junior Argentina menjadi juara Piala Dunia U-20 pada tahun 2007 silam.

Gabriel Mercado juara Piala Dunia U-20/ foto: tn.com.ar
Gabriel Mercado juara Piala Dunia U-20/ foto: tn.com.ar
Saat satu-persatu rekan seangkatan jebolan Piala Dunia U-20 hijrah merantau ke klub-klub Eropa, Gabriel Mercado masih setia berkutat di kompetisi lokal Argentina. Mercado memperkuat Racing Club dari tahun 2006 hingga 2010. 

Pada bulan Februari 2010, Diego Maradona yang menjadi pelatih Argentina pada saat itu memberikan kesempatan kepada Gabriel Mercado menjalani debut bersama tim nasional, dalam laga melawan Jamaika.

Peruntungan karir Gabriel Mercado membaik saat hijrah ke Estudiantes bulan Juli 2010. Mercado sukses menjadi juara Liga Primer Argentina dalam musim debut bersama Estudiantes. 

Setelah dua tahun memperkuat Estudiantes, Mercado kemudian pindah ke River Plate. Bersama klub barunya ini Mercado meraih enam trofi juara bergengsi. Yang paling bergengsi mengantarkan River Plate menjadi juara turnamen antar klub se-Amerika Selatan, Copa Libertadores pada tahun 2015.

PENANTIAN LAMA UNTUK MAIN LAGI BERSAMA ALBICELESTE

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun