Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Editor - Tourism worker until 2010; Digipreneur since 2010

you can contact me at bolafanatik(at)Gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola

Bravo, Claudio Bravo !

9 Juli 2015   14:21 Diperbarui: 9 Juli 2015   14:21 135
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"Bravo!" merupakan kata bahasa Latin yang diungkapkan setelah saat seseorang melihat kejadian luar biasa hebat. Ungkapan "Bravo!" sangat layak disematkan kepada seorang kiper bernama Claudio Bravo, yang telah menampilkan performa luar biasa kelas dunia dalam beberapa tahun belakangan.

Claudio Bravo menjadi bagian penting kesuksesan tim nasional Chile menjadi juara Copa America 2015. Selalu tampil dalam 6 pertandingan yang dimainkan Chile di Copa America 2015, Claudio Bravo sukses mencatatkan 4 kali clean sheet, dan hanya kebobolan empat gol. 

Sepanjang turnamen Copa America 2015, Claudi Bravo juga membuat 13 saves dan 190 passing. Selain itu, Bravo juga memblok tendangan penalti Ever Banega di babak final. Berkat penampilan gemilangnya tersebut, Claudio Bravo terpilih jadi kiper terbaik Copa America 2015.

Kisah heroik Claudio Bravo bersama timnas Chile merupakan kelanjutan kisah hebatnya bersama klub raksasa Spanyol, Barcelona. Pada musim 2014-15 lalu, Claudio Bravo menjadi kiper inti Barcelona di Liga Spanyol. Dirinya membuat 23 clean sheet dari 37 kali tampil di Liga Spanyol, yang membantu Barcelona menjadi juara liga. Kiper berusia 32 tahun tersebut akhirnya diberi penghargaan Ricardo Zamora Trophy musim 2014-15 (kiper terbaik Liga Spanyol). Tak sia-sia Barcelona di awal musim merekrut mahal Claudio Bravo dengan biaya transfer 12 juta Euro dari Real Sociedad.

Bakat hebat Claudio Bravo sebagai kiper memang sudah terlihat saat masih memperkuat Real Sociedad. Selama 8 musim membela Sociedad, Claudi Bravo pernah sekali diberi penghargaan Ricardo Zamora Trophy pada musim 2008-09. Sebelum memperkuat Sociedad, Claudio Bravo sudah membuat prestasi bersama klub elit Chile, Colo Colo. Claudio Bravo membawa Colo Colo memenangkan Torneo Apertura Liga Chile tahun 2006.

Dengan kehebatannya membuat refleks cepat memblok bola tembakan lawan, Claudio Bravo telah menjadi pahlawan negaranya di Copa America tahun ini. Claudio Bravo telah masuk sejarah sepak bola sebagai kapten pertama yang membawa Chile jadi juara. Claudio Bravo yang saat ini menjadi pemain dengan jumlah koleksi terbanyak timnas Chile, dalam waktu dekat juga akan mencatatkan sejarah rekor baru, sebagai pemain Chile pertama yang berhasil mengoleksi 100 caps. Saat ini Claudio Bravo sudah tampil 95 kali bersama Chile.

Bravo, Claudio Bravo!

(sumber gambar: sportskeeda.com)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun