Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Penulis - Digipreneur since 2010

you can contact me at bolafanatik(at)Gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

7 Orang Perkasa Indonesia, Lifter Angkat Besi Olimpiade 2016

28 Juli 2016   18:51 Diperbarui: 3 Agustus 2016   02:18 684
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sri Wahyuni Agustiani/ tempo.co

Angkat besi salah satu olahraga andalan Indonesia di kancah internasional. Lifter angkat besi Indonesia tak pernah putus menyumbangkan medali sejak Olimpiade tahun 2000 hingga tahun 2012. Lifter Indonesia pernah juga menjadi juara dunia. 

Muhamad Hasbi/ zimbio.com
Muhamad Hasbi/ zimbio.com
7 lifter Indonesia akan tampil dalam cabang angkat besi Olimpiade 2016. Lima lifter pria yaitu Eko Yuli Irawan (kelas -62 kg), Muhamad Hasbi (-62 kg), Triyatno (-69 kg), I Ketut Ariana (-69 kg), Deni (-77 kg). 

Deni/ zimbio.com
Deni/ zimbio.com
Sedangkan di sektor putri ada dua lifter Indonesia yang akan tampil di olimpiade, yaitu Sri Wahyuni Agustiani (kelas -48 kg), Dewi Safitri (-53 kg).

Dewi Safitri/ youth.sg
Dewi Safitri/ youth.sg
Indonesia pernah punya wanita perkasa asal Papua. Namanya Raema Lisa Rumbewas yang sukses meraih medali perak olimpiade tahun 200o dan 2004. Selesai era kejayaan Lisa Rumbewas, kini ada lagi lifter putri Indonesia yang berprestasi gemilang, yaitu Sri Wahyuni Agustiani.

Pada bulan Juni 2014, Sri Wahyuni Agustiani meraih dua emas dan satu perak dari Kejuaraan Dunia Junior Angkat Besi yang digelar di Kazan, Rusia.

Bulan September 2014, Sri Wahyuni meraih medali perak Asian Games dengan total angkatan 187 kg. Dua bulan kemudian, Sri Wahyuni Agustiani sukses menempati peringkat ketiga angkatan Clean & Jerk dalam Kejuaraan Dunia Angkat Besi di Kazakhstan.

Berbagai prestasi mengesankan tersebut menegaskan potensi besar Sri Wahyuni Agustiani meraih medali di Olimpiade 2016. Lawan-lawan terkuat yang bakal dihadapi Sri Wahyuni di Olimpiade Rio adalah Hou Zhihui (Tiongkok), Chen Wei-leng (Taiwan), Hiromi Miyake (Jepang), Margarita Yelisseyeva (Kazakhstan), Saikhom Mirabai Chanu (India).

Dari lima lifter putra yang bakal tampil di Olimpiade 2016, Eko Yuli Irawan bakal jadi andalan utama Indonesia untuk mendulang medali. Dalam Kejuaraan Dunia tahun 2014, Eko Yuli meraih medali perak di kelas -62 kilogram. Bulan September 2015 silam, Eko Yuli sukses meraih medali perak dalam Grand Prix IWF di Fuzhou.

Eko Yuli Irawan/ zimbio.com
Eko Yuli Irawan/ zimbio.com
Ada tiga lifter dari negara lain yang bakal jadi lawan tertangguh bagi Eko Yuli, yaitu Chen Lijun (Tiongkok), Oscar Albeiro Figueroa Mosquera (Kolombia), Francisco Antonio Mosquera Valencia (Kolombia). 

Angkat Besi Olimpiade Rio De Janerio mulai dipertandingkan tanggal 6 hingga 16 Agustus, bertempat di Riocentro Pavilion 2. Ada 15 kelas yang dipertandingkan. 

Daftar Lifter Indonesia Peraih Medali Olimpiade

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun