Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Penulis - Digipreneur since 2010

you can contact me at bolafanatik(at)Gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Misi Sulit Aldila Sutjiadi di US Open Bersama Pasangan Baru Usai Terlempar dari Ranking Top 40

29 Agustus 2024   19:10 Diperbarui: 29 Agustus 2024   19:23 692
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ranking dunia Aldila Sutjiadi melorot/foto: wtatennis.com

Serangkaian hasil kurang memuaskan selama dua kuartal tahun 2024, membuat Aldila Sutjiadi terlempar dari ranking top 40 ganda WTA jelang tampil di Grand Slam US Open 2024.

Aldila Sutjiadi di awal pekan ini turun ke ranking 42 dunia ganda WTA dari posisi sebelumnya 36. Aldila sebelumnya terakhir kali berada di luar ranking top 40 pada pekan pertama tahun 2023.

Peringkat dunia Aldila Sutjiadi melorot drastis disebabkan hasil sepekan lalu, tersingkir di perempat final turnamen Abierto Seguros, Monterrey. Aldila berduet dengan Ulrikke Eikeri.

Aldila kehilangan banyak poin karena jelang US Open setahun lalu menjadi juara Tennis in The Land di Cleveland bersama Miyu Kato.

Miyu Kato dan Aldila Sutjiadi saat juara Tennis in The Land Cleveland 2023/foto: wtatennis.com
Miyu Kato dan Aldila Sutjiadi saat juara Tennis in The Land Cleveland 2023/foto: wtatennis.com
Prestasi Aldila Sutjiadi sepanjang 2024 memang menurun drastis dibandingkan tahun 2023. Aldila pada tahun lalu konsisten masuk babak-babak akhir turnamen, sedangkan pada tahun ini sering rontok di babak awal.

Sebagai perbandingan, Aldila Sutjiadi pada tahun 2023 membuat hasil menang kalah 31-18, dan tiga kali juara turnamen WTA 250 sebelum tampil di US Open.

Sedangkan pada tahun ini, rekor menang kalah Aldila hanya 24-24 sebelum mentas di US Open, dan hanya sekali juara WTA 250 di Thailand.

Miyu Kato dan Aldila Sutjiadi saat juara Thailand Open 2024/foto: wtatennis.com
Miyu Kato dan Aldila Sutjiadi saat juara Thailand Open 2024/foto: wtatennis.com
Aldila Sutjiadi menjalani misi sulit di US Open 2024 bersama pasangan baru asal Jepang, Ena Shibahara. Mereka sebelumnya belum pernah berpasangan.

Aldila harus bisa menembus perempat final ganda putri US Open untuk bisa kembali masuk ranking top 40, minimal tembus babak ketiga menyamai prestasi setahun lalu.

Jika sampai gagal perempat final ganda putri US Open 2024, peringkat dunia Aldila Sutjiadi bakal semakin melorot hingga di luar top 50. 

Akibatnya fatal, Aldila Sutjiadi akan kesulitan mendaftar main di turnamen elit WTA 500 dan WTA 1000, dan terancam turun kasta main di sirkuit-sirkuit ITF.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun