Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Wiraswasta - Sports, Music, Technology Expert

pemerhati olahraga dan musik lagi getol nonton surfing, sport climbing, tenis. very welcome to contact me at bolafanatik(at)gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Pencetak Gol di Final Euro dari Masa ke Masa, Dani Olmo dan Harry Kane yang Berikutnya?

13 Juli 2024   06:55 Diperbarui: 13 Juli 2024   23:14 45
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dani Olmo dan Harry Kane/foto: beinsports.com

Perebutan gelar top skor yang pemenangnya akan mendapat penghargaan Golden Boot, salah satu persaingan yang menarik dalam pertandingan final Euro 2024, Spanyol versus Inggris.

Dani Olmo dan Harry Kane yang sudah mencetak 3 gol di posisi terdepan dalam persaingan perebutan top skor EURO 2024.

Jude Bellingham dan Fabian Ruiz berpeluang pula menjadi top skor dengan syarat mencetak lebih dari satu gol di final EURO 2024.

Jude Bellingham/foto: bbc com
Jude Bellingham/foto: bbc com

Sejauh ini sudah 41 gol tercipta dalam pertandingan final EURO dari tahun 1960 hingga 2021. Pencetak gol pertama di pertandingan final Piala Eropa adalah striker Cekoslowakia, Milan Galic.

Galic membuat gol pada menit 43 dalam final EURO 1960 melawan Uni Soviet. 

Milan Galic/foto: Vajesti.me
Milan Galic/foto: Vajesti.me
Timnas Cekoslowakia gagal juara karena Uni Soviet membuat dua gol balasan lewat Slava Metreveli di menit 49, dan Viktor Ponedelnik di menit 113.

Ponedelnik pemain pertama yang membuat gol di masa tambahan waktu dalam pertandingan final Piala Eropa.

Gerd Muller pemain pertama membuat dua gol di laga final Piala Eropa. Sepasang gol Gerd Muller membantu Jerman Barat menang 3-0 atas Uni Soviet di final EURO 1972.

Gerd Muller/foto: UEFA.com
Gerd Muller/foto: UEFA.com
Fernando Torres hingga kini satu-satunya pemain yang membuat gol dalam dua pertandingan final Piala Eropa, ketika membantu Spanyol juara pada tahun 2008 dan 2012.

Bek sayap Inggris, Luke Shaw, yang membuat gol buat Inggris di final EURO tahun 2021, berkesempatan menyamai rekor Fernando Torres dalam laga final melawan Spanyol di Olympiastadion Berlin. (lanjut baca ke halaman 2)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun