Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Musisi - Bytedance Sport Contributor

Olynpics Paris and Grand Slam US Open 2024 will be my last article series. Ready to finish in a month.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Austria vs Turki, Adu Kuat Gegenpressing Melawan Skill Individual

2 Juli 2024   19:38 Diperbarui: 3 Juli 2024   04:25 132
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
gegenpressing ala timnas Austria saat menghadapi Turki di bulan Maret 2024/foto: vavel.com

Duel Austria vs Turki di Leipzig Stadium bakal menjadi ajang adu kuat permainan gegenpressing melawan skill individual.

Timnas Austria tampil memukau di Euro 2024 dengan taktik gegenpressing yang diterapkan pelatih Ralf Rangnick. Gegenpressing berasal dari kata bahasa Jerman yang artinya counter-pressing. 

Gegenpressing adalah taktik permainan dengan memberikan tekanan kepada lawan yang dilakukan secara bersama-sama oleh beberapa pemain. Sehingga ruang gerak lawan akan sempit yang berakibat tidak bisa leluasa mengontrol bola.

Jika taktik gegenpressing berjalan dengan baik, maka bola bisa direbut dengan cepat dari lawan, kemudian melancarkan serangan balik yang efektif menghasilkan gol.

Skuad Austria sukses menerapkan model permainan gegenpressing dalam dua pertandingan grup di Euro 2024. Polandia ditaklukkan dengan skor 3-1. Tim kuat Belanda tak berdaya kalah 2-3 melawan Austria.

Hanya Prancis yang mampu menangkal permainan gegenpressing Austria, karena Prancis memiliki gelandang bertahan top dunia, Ngolo Kante, yang ada di setiap jengkal lapangan untuk merebut bola.

Timnas Turki tampil apik membuat total 5 gol di fase grup Euro 2024 dengan mengandalkan determinasi tinggi dan skill individual beberapa pemain. 

Skuad Turki saat ini memiliki pemain yang kualitas skill olah bola aduhai, seperti Arda Guler, Hakan Calhanoglu, dan Kenan Yildiz. 

Tentunya akan menarik pertarungan perebutan bola antara pemain Turki dan Austria. 

Rekor pertemuan kedua tim, Austria sedikit lebih unggul, menang 9 kali dan 7 kalah dalam 17 duel melawan Turki.

Pada duel terakhir tiga bulan lalu, Austria menang telak 6-1 atas Turki. Saat itu Michael Gregoritsch membuat hattrick gol.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun