Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Wiraswasta - Sports, Music, Technology Expert

pemerhati olahraga dan musik lagi getol melihat pertandingan surfing dan bulu tangkis very welcome to contact me at bolafanatik(at)gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Swiss Vs Italia, Perjuangan Juara Bertahan Hadapi Tetangga yang Berbahaya

29 Juni 2024   16:29 Diperbarui: 30 Juni 2024   03:16 145
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Duel Swiss vs Italia di Euro 2021/foto: ESPN.com

Duel Swiss vs Italia di Olympiastadion Berlin yang dipimpin wasit Szymon Marciniak menjadi pembuka rangkaian pertandingan babak 16 besar Euro 2024. 

Tim juara bertahan Italia akan berjuang menghadapi negara tetangga di sebelah utara yang berbahaya, Swiss.

Prestasi timnas Italia jauh lebih hebat dibandingkan Swiss. Azzurri Italia pernah 4 kali juara Piala Dunia dan 2 kali memenangkan Piala Eropa. 

Sedangkan prestasi terbaik Swiss baru mencapai perempat final Piala Dunia dan Piala Eropa. 

Italia juga unggul head to head. Azzurri menang 29 kali dan hanya kalah 8 kali dalam 61 pertemuan sebelumnya melawan Nati Swiss.

Tiga tahun lalu Azzurri menang telak 3-0 atas Swiss di fase grup Piala Eropa. Namun setelahnya Azzurri tak bisa lagi mengalahkan Nati. 


Italia ditahan imbang 1-1 dan 0-0 oleh Swiss dalam kualifikasi Piala Dunia di tahun 2021. Hasil yang menyebabkan Italia gagal lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 Qatar.

Performa Italia di Euro 2024 tidak mengesankan. Italia nyaris tersingkir di fase grup. Kalah 0-1 kontra Spanyol setelah hanya menang 2-1 melawan Albania.

Azzurri lolos ke babak 16 besar diselamatkan gol Mattia Zaccagni pada menit kedelapan injury time babak kedua dalam duel melawan Kroasia yang berakhir seri 1-1.

selebrasi gol Mattia Zaccagni usai membosankan gawang Kroasia/foto: UEFA com
selebrasi gol Mattia Zaccagni usai membosankan gawang Kroasia/foto: UEFA com

Sedangkan Swiss tampil lebih mantap di fase grup Euro 2024. Menang 3-1 melawan Hungaria, kemudian seri 1-1 dengan Skotlandia dan tuan rumah Jerman.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun