Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Musisi - Bytedance Sport Contributor

Olynpics Paris and Grand Slam US Open 2024 will be my last article series. Ready to finish in a month.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Perbandingan Kekuatan Timnas Indonesia dengan Pesaing di Pot 1 dan 2 Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia

13 Juni 2024   12:56 Diperbarui: 13 Juni 2024   13:28 558
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
selebrasi kemenangan pemain timnas sepak bola Indonesia/foto: Getty Images- Robertus Pudyanto

Keberhasilan timnas Indonesia memastikan lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026, membuat Indonesia lolos pula ke putaran final Piala Asia 2027.

Timnas Garuda tidak perlu repot-repot lagi bersusah payah mengikuti kualifikasi Piala Asia 2027 seperti negara tetangga Vietnam, Singapura, Malaysia, Thailand, dan Myanmar. 

Tim pelatih yang dikomandoi Shin Tae-yong kini mulai fokus untuk memperkuat lagi skuad timnas Indonesia. Karena lawan-lawan yang akan dihadapi pada putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia memiliki kualitas permainan yang lebih tinggi.

Indonesia dengan ranking FIFA saat ini ditempatkan pada pot 6, atau pot kategori terendah, dalam drawing kualifikasi putaran ketiga. 

Menandakan Indonesia sebagai tim non unggulan terbawah yang harus berjuang ekstra untuk menghadapi lawan-lawan kuat dari pot yang di atas.

Shin Tae-yong memikul tugas berat di putaran ketiga kualifikasi/foto: Getty Images- Robertus Pudyanto
Shin Tae-yong memikul tugas berat di putaran ketiga kualifikasi/foto: Getty Images- Robertus Pudyanto

Mari kita telaah perbandingan kekuatan timnas Indonesia dengan negara pesaing dari pot 1 dan 2 di putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026. 

Indonesia vs. Jepang - Iran - Korea Selatan (kompetitor pot 1)

Jepang, Iran, dan Korea Selatan, peserta langganan Piala Dunia, calon lawan dari pot 1 yang hampir mustahil tertandingi oleh Indonesia. 

Jepang yang tidak pernah absen di Piala Dunia sejak 1998, sukses menyapu bersih enam kemenangan pada putaran kedua kualifikasi grup B.

Awal tahun ini Jepang sukses mengalahkan Indonesia dengan skor 3-1 di fase grup Piala Asia. Hasil yang melanjutkan kedigdayaan Jepang tak pernah kalah melawan Indonesia dalam 6 pertemuan terakhir sejak 1981.

duel pemain Jepang versus Indonesia di Piala Asia 2024/foto: Getty Images- Koji Watanabe
duel pemain Jepang versus Indonesia di Piala Asia 2024/foto: Getty Images- Koji Watanabe

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun