Namun tak ada gol yang mampu dibuat oleh pemain Indonesia walau punya banyak peluang. Penentuan pemenang pun ditentukan lewat adu penalti.
Saat adu penalti, langsung terasa lemas ketika kiper Korsel berhasil memblok bola sepakan penendang kelima Indonesia, Justin Hubner.
Dan lagi-lagi, VAR memberikan pertolongan besar buat Indonesia. Tayangan VAR memperlihatkan kiper Baek Jeong Beom  bergerak duluan meninggalkan garis gawang sebelum Hubner menyepak bola.
Penalti pun diulang. Dan Justin Hubner berhasil mengeksekusi dengan baik penalti ulangan.Â
Setelahnya Ernando Ari bisa memblok penalti Kang Sang-Yoon. Kemenangan belum segera menjadi milik Indonesia. Karena kemudian sepakan penalti Arkhan Fikri melebar ke samping gawang.
Situasi hati pendukung Indonesia dan Korea Selatan semakin diaduk-aduk, penuh ketegangan-ketegangan, karena belum ada pemenang pertandingan hingga penendang penalti kesebelas.
Lee Kang Hee, eksekutor penalti ke-12 Korsel, bola sepakannya berhasil diblok Ernando Ari.Â
Setelahnya, Pratama Arhan tak menyia-nyiakan kesempatan menang buat Indonesia. Sepakan Arhan sukses mengelabui kiper Baek Jeong Beom. Indonesia memang adu penalti 11-10.
Tak banyak orang yang menduga perjalanan timnas Indonesia U-23 bisa sejauh ini hingga semifinal Piala Asia. Mimpi untuk bisa lolos ke Olimpiade Paris 2024 pun semakin dekat.