Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Musisi - Bytedance Sport Contributor

Olynpics Paris and Grand Slam US Open 2024 will be my last article series. Ready to finish in a month.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

2 Tim Kejutan Penghancur Asa Mantan Juara yang Masuk 16 Besar Liga Champions

15 Desember 2023   03:41 Diperbarui: 15 Desember 2023   10:44 241
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Selebrasi pemain FC Copenhagen/foto: Reuters.com

Lengkap sudah klub peserta 16 besar Liga Champions Eropa 2023/2024. Sebagian besar peserta adalah tim langganan fase knock-out.

8 peserta fase knock-out UEFA Champions League musim ini sama dengan semusim lalu, yaitu Manchester City, Inter Milan, Real Madrid, Bayern Munchen, Napoli, Borussia Dortmund, RB Leipzig, dan Paris Saint Germain.

Semusim lalu wakil dari Inggris dan Jerman tampil digdaya di fase grup Liga Champions. Masing-masing negara meloloskan 4 klub ke fase 16 besar. Sedangkan Italia diwakili oleh 3 klub.

Pada musim ini hanya Spanyol yang berhasil meloloskan 4 tim ke babak 16 besar. Wakil Jerman di fase knock-out berkurang satu menjadi 3 tim, jumlah yang sama dengan perwakilan dari Italia. 

Terdapat 2 tim kejutan di 16 besar Liga Champions Eropa musim ini, yaitu FC Copenhagen dan Real Sociedad. 

Kedua tim tersebut sebelumnya nyaris tidak pernah menembus babak knock out Liga Champions. Lolosnya FC Copenhagen dan Real Sociedad juga menghancurkan asa mantan juara ajang ini.

Keberhasilan FC Copenhagen menembus babak 16 besar setelah sukses menempati runner up grup A, diluar prediksi banyak pihak.

FC Copenhagen mampu menyingkirkan klub raksasa Turki Galatasaray, serta Manchester United yang pernah tiga kali juara Liga Champions. 

FC Copenhagen yang pernah 15 kali menjuarai Superliga Denmark, hanya pernah 6 kali mentas di fase grup Liga Champions Eropa pada abad 21. 

Sebelum musim ini, sepanjang sejarah berdirinya klub, FC Copenhagen hanya pernah sekali saja mencapai babak 16 besar Liga Champions, yaitu pads musim 2010/2011.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun