Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Musisi - Bytedance Sport Contributor

Olynpics Paris and Grand Slam US Open 2024 will be my last article series. Ready to finish in a month.

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Artikel Utama

Obituari Kusuma Wardhani, Pahlawan Olahraga Anggota 3 Srikandi Peraih Medali Olimpiade Pertama buat Indonesia

12 November 2023   16:21 Diperbarui: 13 November 2023   16:28 1245
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Lilies Handayani, Nurfitriyana Saiman, Kusuma Wardhani, di podium juara Olimpiade Seoul 1988. (Foto: KOMPAS - Kartono Ryadi)

Tanggal 1 Oktober 1988 menjadi tonggak sejarah kejayaan Indonesia di ajang Olimpiade. Ketika tiga srikandi pemanah, Nurfitriyana Saiman Lantang, Lilies Handayani dan Kusuma Wardhani meraih medali perak panahan beregu di Olimpiade Seoul, Korea Selatan.

Berkat prestasi trio srikandi panahan Indonesia tersebut, untuk pertama kalinya bendera Merah Putih berkibar di podium penghormatan pemenang Olimpiade.

Nama Indonesia yang saat itu tidak begitu dikenal dalam gelaran olahraga internasional, berulang kali diteriakkan penonton yang menyaksikan final panahan beregu putri Olimpiade Seoul di Hwarang Archery Field.

BACA JUGA

Mengenang Momen 9 Panah Terakhir Tiga Srikandi Pemanah Indonesia di Olimpiade Seoul 

Medali perak di Olimpiade Seoul yang diraih Kusuma Wardhani, Lilies Handayani, dan Nurfitriyana Saiman Lantang, membuka jalan buat atlet-atlet Indonesia lainnya yang terus-menerus meraih medali Olimpiade hingga tahun 2021.

Minggu (12/11/2023), duka menerpa dunia olahraga Indonesia. Salah satu anggota trio srikandi peraih perak di Olimpiade Seoul, berpulang ke Rahmatullah.

Foto reuni 3 srikandi panah Indonesia peraih perak Olimpiade, Lilies -Kusuma-Nurfitriyana. (Dokumentasi pribadi Nurfitriyana Saiman) 
Foto reuni 3 srikandi panah Indonesia peraih perak Olimpiade, Lilies -Kusuma-Nurfitriyana. (Dokumentasi pribadi Nurfitriyana Saiman) 

Kusuma Wardhani pada hari ini menghembuskan nafas terakhir di di rumahnya, Kompleks Perumahan Toddopuli 22, Panakkukang, Makassar, Sulawesi Selatan.

Berita duka ini pertama kali saya ketahui melalui status media sosial facebook milik Nurfitriyana Saiman yang berteman dengan akun saya.

Kusuma Wardhani telah lama mengidap hipertensi dan penyumbatan pembuluh darah, dan sempat menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Hermina Makassar.

Fisik Kusuma Wardhani ketika menjalani reuni dengan Nurfitriyana dan Lilies Handayani di Jakarta, pada Februari 2023 lalu, memang tampak kurang sehat, sudah kesulitan berjalan 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun