Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Musisi - Kompasiana

ready to finish in a month maybe in 1001 or 1010

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Indonesia vs Vietnam, Seberapa Kuat Tim Garuda Hadapi Ketangguhan Kesebelasan Elit Asia?

15 Desember 2021   06:26 Diperbarui: 15 Desember 2021   06:47 702
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Duel terakhir Indonesia vs Vietnam, tim Garuda kalah 0-4/ foto: Kompas.com

Seberapa kuat tim Garuda hadapi ketangguhan kesebelasan elit Asia yang merupakan juara bertahan Piala AFF? 

Itulah pertanyaan yang mengemuka dalam duel Indonesia vs Vietnam di lanjutan grup B Piala AFF 2020 yang akan berlangsung pada Rabu malam (15/12), di Bishan Stadium.

Vietnam dalam beberapa tahun belakangan menjelma jadi kesebelasan elit di benua Asia. 

Timnas Vietnam yang menempati ranking 99 FIFA, kini sudah bisa tembus hingga babak akhir Kualifikasi Piala Dunia 2022. Vietnam tim berperingkat FIFA paling tinggi di kawasan Asia Tenggara.

Sedangkan prestasi Indonesia melorot terus beberapa tahun terakhir, hingga kini berada di peringkat 166 FIFA.

Vietnam yang dilatih Park Hang-seo sejak 2017, dalam dua tahun terakhir punya pengalaman bertanding melawan negara-negara langganan Piala Dunia semisal Australia, Arab Saudi, dan Jepang. 

Sementara level lawan tanding tim Garuda dalam beberapa laga terakhir hanya sekelas Taiwan dan Afghanistan.

Perbedaan kelas lawan itu menjadi bukti bahwa kualitas timnas Vietnam saat ini memang jauh di atas Indonesia. 

Tim Garuda Perlahan Bangkit 

Tim nasional Indonesia sempat menjalani masa kelam sepanjang tahun 2019 hingga pertengahan 2021, tak pernah menang dalam 10 pertandingan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun