Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Musisi - Founder Komontok

Grand Slam US Open & Paralympics 2024 will be my last article series. Ready to finish

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Artikel Utama

Juara Dunia DTM Jadi Pebalap Baru Manor Racing F1

12 Februari 2016   03:22 Diperbarui: 13 Februari 2016   00:27 1218
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Teka-teki siapa pebalap baru tim Manor Racing F1 akhirnya terjawab sudah. Manor Racing memilih juara dunia DTM tahun 2015, Pascal Wehrlein, sebagai pebalap baru mereka dalam ajang Formula One tahun 2016. Pascal Wehrlein merupakan pebalap berkebangsaan Jerman berusia 21 tahun, yang tahun lalu membuat rekor sebagai juara dunia termuda balapan DTM (Deutsche Tourenwagen Masters). 

Wehrlein bakal jadi pebalap jebolan DTM ketiga yang membalap di F1 dalam lima tahun terakhir, mengikuti jejak Roberto Merhi dan Paul Di Resta. Wehrlein menggunakan nomor balap 94 di Formula One.

Faktor utama yang membuat Pascal Wehrlein mendapat satu seat di Manor Racing adalah dukungan besar dari Mercedes-Benz. Wehrlein merupakan test driver Mercedes F1 Team tahun 2014 dan 2015. Dalam kesepakatan kontrak, Manor Racing bakal mendapatkan kesempatan menggunakan windtunnel milik Mercedes sepanjang tahun ini. Selain itu, Mercedes-Benz juga memberikan dana sebesar 5 hingga 6 juta Euro kepada Manor Racing agar Pascal Wehrlein mendapat tempat membalap di F1 2016.

Manor Racing mendapatkan keuntungan lebih dengan mengontrak Pascal Wehrlein, karena tahun 2016 ini Manor menggunakan mesin Mercedes. Jadi, Wehrlein memiliki pengalaman dengan mesin Mercedes karena sudah dua tahun jadi penguji Mercedes F1 Team. Pascal Wehrlein juga memiliki pengalaman bagus belajar langsung dari pebalap top seperti Lewis Hamilton dan Nico Rosberg.

Usai mendapat kepastian membalap bersama Manor Racing, ungkapan kegembiraan dinyatakan oleh Pascal Wehrlein,"Manor Racing menjadi awal bagus buat karir saya di F1. Saya sangat senang bisa bekerja sama dengan mereka."

"Stephen Fitzpatrick (pemilik Manor) telah menjelaskan banyak hal, apa yang menjadi target tim tahun ini. Terima kasih banyak kepada Mercedes-Benz, khusunya kepada Toto Wolff (direktur eksekutif Mercedes-Benz Motorsport), yang sudah membimbing karir saya dari awal hingga sekarang ini. Dukungan besar mereka membuat saya berhasil meraih mimpi. Sekarang waktunya menikmati momen indah ini dengan berusaha membalap sebaik-baiknya," imbuh Wehrlein.

Dengan terpilihnya Pascal Wehrlein sebagai pebalap Manor Racing, maka tinggal tersisa satu seat kosong dalam balapan Formula One tahun ini. Manor Racing belum mengumumkan siapa pebalap yang akan mendampingi Wehrlein. 

Sejauh ini ada tiga nama pebalap yang namanya kencang terdengar bakal membalap bersama Manor, yaitu pebalap Amerika Serikat Alexander Rossi, pebalap Inggris Will Stevens, pebalap Spanyol Roberto Merhi, pebalap Belgia Stoffel Vandoorne, serta pebalap andalan Indonesia Rio Haryanto.

Kans Rio Haryanto membalap di F1 bersama Manor Racing sedang berada di 'ujung tanduk', mengingat 15 juta euro yang diminta Manor belum mampu dipenuhi oleh pihak Rio. Sikap pasrah sudah diperlihatkan Rio Haryanto karena dana bantuan yang dijanjikan pihak Kemenpora belum terealisasi hingga saat ini. Rio Haryanto mengaku banyak melakukan sholat tahajud sambil menanti kabar dari pihak Manor. 

Semoga saja kekuatan doa Rio Haryanto bisa menjadi keajaiban yang membawanya berlaga di balapan Formula One.

BACA JUGA ARTIKEL F1 LAINNYA

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun