Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Musisi - Bytedance Sport Contributor

Olynpics Paris and Grand Slam US Open 2024 will be my last article series. Ready to finish in a month.

Selanjutnya

Tutup

Bola

Jamaika Jumpa Meksiko Di Final Piala Emas

23 Juli 2015   18:37 Diperbarui: 23 Juli 2015   18:37 130
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kejutan besar terjadi di Piala Emas CONCACAF tahun ini. Jamaika diluar dugaan lolos ke babak final setelah mengalahkan tim tuan rumah sekaligus juara bertahan, Amerika Serikat dengan skor 2-1, dalam pertandingan semifinal yang berlangsung di Georgia Dome.

Jamaika sudah unggul 2-0 di babak pertama. Gol pertama Jamaika dibuat lewat sundulan Darren Mattocks pada menit ke-31. Lima menit berselang giliran Giles Barnes yang bobol gawang tim tuan rumah lewat eksekusi tendangan bebas. Tim tuan rumah Amerika Serikat hanya bisa membalas satu gol di babak kedua yang diciptakan oleh Michael Bradley.

Jamaika mencatatkan sejarah besar untuk pertama kalinya lolos ke final Piala Emas CONCACAF. Sedangkan timnas Amerika Serikat harus 'menelan pil pahit' untuk pertama kalinya sejak tahun 2003 gagal ke final Piaal Emas. 

Pada babak final nanti Jamaika akan menghadapi timnas Meksiko. Pada babak semifinal, Meksiko menang kontroversial dengan skor 2-1 atas Panama.

Panama sudah harus bermain dengan sepuluh pemain pada menit ke-25, setelah Luis Tejada terkena kartu merah. Kalah jumlah pemain tak membuat Panama kehilangan gairah untuk menang. Panama bahkan bisa mencetak gol pertama pada menit ke-57 lewat sundulan Roman Torres.

Menjelang babak kedua berakhir, wasit Mark Geiger membuat keputusan kontroversial memberikan Meksiko penalti, karena menganggap Roman Torres handball saat terjatuh usai berduel meperebutkan bola di udara. Para pemain Panama sontak melakukan protes keras, suporter Panama juga ikut berhamburan ke dalam lapangan tak terima dengan keputusan wasit, sehingga pertandingan sempat terhenti selama 10 menit.

Setelahnya, pertandingan berlanjut kembali, dan Andres Guardado mengeksekusi penalti dengan sempurna, yang membuat skor jadi sama kuat 1-1, dan laga dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Memasuki babak perpanjangan waktu, Meksiko kembali mendapatkan penalti setelah Javier Orozco dilanggar bek Panama, Adolfo Machado di area kotak terlarang. Eksekusi penalti lagi-lagi berhasil diselesaikan tanpa kesalahan oleh Andres Guardado, yang memastikan Meksiko menang 2-1, sekaligus membawa Meksiko lolos ke final Piala Emas CONCACAF 2015. 

SUSUNAN PEMAIN
AMERIKA SERIKAT:
Brad Guzan, John Anthony Brooks, Ventura Alvarado, Brad Evans, Fabian Johsnon, Kyle Beckerman (Mikkel Diskerud '67), Michael Bradley, Gyasi Zardes, Alejandro Bedoya (De Andre Yedlin '78), Clint Dempsey, Aron Johannsson (Alan Gordon '73)
JAMAIKA:
Ryan Thompson, Wes Morgan, Michael Hector, Adrian Mariappa, Kemar Michael Lawrence, Rodolph Austin, Jean Vaughn Watson, Garath McCleary (Joel Grant '90+3), Jobi McAnuff, Darren Mattocks (Simon Dawkins '57), Giles Barnes (Chris Humphrey ’85)

SUSUNAN PEMAIN
MEKSIKO:
Guillermo Ochoa, Francisco Rodriguez, Diego Reyes, Oswaldo Alanis (Carlos Esquivel '46), Paul Aguilar, Miguel Layun (Javier Orozco '77), Hector Herrera (Jesus Corona '59), Andrés Guardado, Jonathan Dos Santos, Carlos Vela, Oribe Peralta
PANAMA:
Jaime Penedo, Roman Torres, Harold Cummings, Adolfo Machado, Eric Davis, Valentin Pimentel (Luis Alfonso Henriquez '87/ Alfredo Stephens '109), Anibal Godoy, Armando Cooper, Alberto Quintero Medina, Luis Tejada, Roberto Nurse (Abdiel Arroyo '79)

(sumber foto: www.si.com)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun