Jakarta -- Selamat Datang di Era Baru Society 5.0. Era dimana teknologi digital sudah menyatu dengan badan. Hidup berdampingan dengan internet. Keberadaan jaringan internet di rumah atau kuota di Android bergeser menjadi kebutuhan primer seperti beras dan lauk pauk yang selalu tersaji di meja makan.
Kecewannya, begitu masyarakat sudah ketergantungan dengan internet, perusahaan profider internet seakan mengabaikan infrastruktur yang tersedia. Kabel semerawut, Optical Distribution Poin (ODP) melebihi kapasitas, sampai masalah putus jaringan bergantian. Ini jadi problem di era digital.
Masyarakat sebagai pengguna (user) tinggal menerima apesnya saja. Jaringan sering berkedip alias buppering lantaran kualitas lemah. Muter-muter terus ujungnya mati.
Masalah jaringan internet ini menjadi pengalaman saya di era Society 5.0. Kurang dari satu bulan, jaringan internet mati dua kali tanpa sebab. Pertama mati penyebab masih misteri, dan kedua kalinya karena ulah teknisi.
Tak ada angin atau hujan di rumah lampu indikator merah pada LOS kedap-kedip. Ini pertanda jaringan internet putus seharian hingga teknisi datang keesokan hari. Petugas teknisi tiba di lokasi memperbaiki kabel yang terhubung dengan ODP atau fitur pendukung layanan fiber optic yang berperan bagikan titik terminasi kabel drop otik ataupun tempat buat membagi satu core optic ke sebagian pelangan.
Teknisi cekatan dalam menemukan penyebab internet error. Tak butuh waktu lama, jaringan kembali normal. Saking cepatnya, kopi yang tersaji belum sempat diseruput lantaran air masih panas. Â
Hanya saja muncul persoalan baru, internet tetangga sebelah yang satu terminal putus. Begitu seterusnya, hingga terkesan kehadiran teknisi hanya memindahkan masalah ke tetangga sebelah.
Satu deretan rumah komplain bergantian memanggil teknisi. Dalam satu minggu, empat rumah silih berganti mengalami nasib yang sama. Fenomena ini meninggalkan trauma beberapa warga, yang emosi begitu melihat teknisi naik tangga di tiang internet. Panik dan pasang mata elang. Saking takut jaringan internet di rumahnya kembali mati.
Apa ini modus baru teknisi internet? Terlalu gegabah untuk menilai sejauh itu, walau kecurigaan mengarah ke sana. Saya coba ngobrol dengan teknisi soal penyebab jaringan pedot ternyata masalah kabel putus sambungan ke ODP. Padahal enggak ada yang otak-atik tuh terminal penghubung.
Keesokan harinya, datang lagi teknisi berbeda memperbaiki kabel internet tetangga di tiang yang sama. Saya kembali hampiri dan lemparkan pertanyaan apa problem dasar sehingga jaringan internet mati bergiliran. Jawabannya port sudah melebihi kapasitas (over capacity). Sehingga rentan putus dan jaringan tidak normal.