Mohon tunggu...
celina audiautami
celina audiautami Mohon Tunggu... Freelancer - copywriter

menjadi copywriting yang baik dan bermanfaat untuk banyak orang.

Selanjutnya

Tutup

Worklife

What If I Don't Work as a Barista

27 Oktober 2023   22:24 Diperbarui: 27 Oktober 2023   22:27 30
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Bagaimana jika saya tidak menjadi seorang barista, tentu tidak akan mengetahui kalau meminum kopi itu ada seninya, tentu tidak juga kalau belajar dalam membuat kopi itu semenyenangkan dan seseru itu. Banyak sekali benefit yang saya dapat, mulai dari hal yang paling simpel yaitu memiliki banyak relasi teman-teman barista. Costumer atau pelanggan yang juga memberikan ilmu dan benefit lainnya. 

Pada tahun 2020 saya mulai terjun sebagai barista di salah satu cafe. Saya mulai meng-explore berbagai rasa kopi, pada awalnya suka kopi hanya sebatas Kopi susu saja, saya mulai mencoba muai yang paling dasar adalah "americano" lama kelamaan saya mulai terbiasa bahkan menyukai. Ketika mencoba dan mengetahui lebih dalam apa saja rasa dan aroma setiap beans yang dibuat sebagai bahan dasar americano itu hingga pada akhirnya menjadi sebuah espresso. 

Ketika saya berkunjung ke cafe lain sembari nongkrong dengan teman-teman saya juga menyicipi rasa kopi yang berbeda dan menemukan sesuatu rasa yang baru. Banyak hal baru yang didapat seperti teknik pembuatan kopi, manual brew, cold brew dll, yang masih terdengar asing di telinga saya pada saat itu. Dan Beans filter setiap cafe pasti berbeda dan memiliki ciri khas nya tersendiri. 

Belajar proses pembuatan biji kopi dan asal daerah adalah ilmu berharga yang bisa saya dapat. Pembuatan biji kopi memiliki beberapa proses dalam pembuatannya hingga menjadi sebuah beans dengan berbagai karakter rasa dan aroma. Ada tiga proses pembuatan yaitu proses "Dry proses" yaitu proses natural atau disebut juga dengan metode kering " Full wash " atau metode basah, dan " Honey proses " atau semi wash. 

Banyak beans lokal yang sudah cukup terkenal seperti beans bali kintamani yang memiliki karakter rasa unik seperti asam segar bagai buah jeruk, tanpa meninggalkan rasa akhir dimulut. Body-nya yang medium dan aroma yang dihasilkan sangat kuat dan manis. Merk yang terkenal dari Single Origin Coffee Beans. 

Kopi Aceh Gayo memiliki karakter body dan arom ayang kuat. Aromanya yang kuat dengan aksen nutty dan spice. Keasamanya terbilang rendah dan lebih cenderung manis, dan body yang dihasilkannya juga medium. kopi ini juga sering dijadikan sebagai houseblend di berbagai cafe. 

Bagaimana jika saya tidak menjadi seorang barista mungkin saya tidak akan tau bahwa dunia kopi seseru itu dan banyak pelajaran ilmu yang berharga dari relasi dan banyak teman yang menambah relasi juga. mungkin saya akan menyeal jika saya ragu mengambil keputusan untuk terjun di dunia kopi ini. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun