Mohon tunggu...
Cecep Mustafa
Cecep Mustafa Mohon Tunggu... Dosen - Ibnu Chaldun University
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

cecep.mustafa161@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

5 Akses Pembelajaran untuk Anak Berkebutuhan Khusus

9 Mei 2023   12:18 Diperbarui: 9 Mei 2023   12:20 144
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Kanak- kanak berkebutuhan spesial menginginkan pembelajaran yang cocok dengan situasi mereka. Tetapi, akses pembelajaran yang mencukupi untuk kanak- kanak berkebutuhan spesial sedang jadi tantangan untuk banyak negeri di bumi, tercantum Indonesia. Selanjutnya merupakan sebagian metode buat tingkatkan akses pembelajaran untuk kanak- kanak berkebutuhan spesial.

1. Pembelajaran Inklusif

Pembelajaran inklusif merupakan rancangan pembelajaran yang mengakomodasi keinginan seluruh anak didik, tercantum kanak- kanak berkebutuhan spesial. Rancangan ini mengangkat ilham kalau tiap anak berkuasa memperoleh pembelajaran yang serupa, tanpa lain. Dalam pembelajaran inklusif, kanak- kanak berkebutuhan spesial hendak memperoleh pembelajaran yang dicocokkan dengan situasi mereka, tanpa wajib dipisahkan dari kanak- kanak yang lain.

2. Sarana Pembelajaran yang Sesuai

Sarana pembelajaran yang cocok amat berarti buat tingkatkan akses pembelajaran untuk kanak- kanak berkebutuhan spesial. Sarana itu bisa berbentuk kamar kecil yang ramah disabilitas, lift, ataupun rampa untuk bangku cakra.

3. Penataran pembibitan Guru

Penataran pembibitan guru amat berarti buat tingkatkan mutu pembelajaran untuk kanak- kanak berkebutuhan spesial. Guru butuh menguasai keinginan anak didik dengan situasi spesial, alhasil mereka bisa membagikan pembelajaran yang pas serta cocok dengan keinginan anak didik.

4. Akses Data yang Memadai

Akses data yang mencukupi amat berarti buat tingkatkan akses pembelajaran untuk kanak- kanak berkebutuhan spesial. Data mengenai pembelajaran inklusif serta sarana pembelajaran yang cocok butuh disebarkan dengan cara besar pada warga.

5. Kerja sama Lembaga

Kerja sama Lembaga pula amat berarti dalam tingkatkan akses pembelajaran untuk kanak- kanak berkebutuhan spesial. Badan penguasa, warga, serta badan swasta butuh bertugas serupa buat menghasilkan area yang inklusif serta ramah untuk kanak- kanak berkebutuhan spesial.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun