Mohon tunggu...
C ChannelIndonesia
C ChannelIndonesia Mohon Tunggu... Lainnya - PT. C Channel Media Indonesia

WE ARE C CHANNEL INDONESIA. The Biggest Digital Female Media and Community. Giving simple yet useful life hacks, at the palm of your hands.

Selanjutnya

Tutup

Money

Nano Influencer vs Micro Influencer, Kenali Perbedaan Dua Tipe Influencer Ini untuk Bisnis

3 November 2020   15:04 Diperbarui: 3 November 2020   15:30 74
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Nano Influencer vs Micro Influencer

Indonesia merupakan salah satu negara berkembang dengan 262 juta jiwa penduduk dan sudah aktif dalam penggunaan gadget dan mengikuti perkembangan tekhnologi. 

Menurut riset data di tahun 2020, sekitar 59% penduduk di Indonesia menggunakan sosial media, 124% dari total populasi penduduk Indonesia menggunakan ponsel dan 37% para pelaku usaha menggunakan sosial media sebagai platform untuk memasarkan bisnisnya.

Apabila beberapa tahun silam para pelaku usaha menggunakan jasa konvensial, kini di industri 4.0 sudah menggunakan sosial media dalam kegiatan marketing. Dan salah satu strategi yang kini menjadi trend dan dinilai efektif untuk memasarkan produk atau jasa dalam sosial media yaitu menggunakan jasa Influencer Marketing.

Influencer di Indonesia ada beragam tipe atau tingkatan, namun Nano Influencer dan Micro Influencer merupakan pilihan unggul dari para pelaku usaha. Influencer itu sendiri memiliki audiens yang mempercayai mereka serta memiliki pengaruh terhadap orang banyak yang mengikuti media sosialnya dalam bidang atau kategori tertentu seperti Lifestyle, Beauty, Fashion, Art, dsb. Sehingga berpotensi besar untuk membuat publik atau konsumen mempercayai serta aware terhadap bisnis para pelaku usaha.

Apa sebenarnya perbedaan dari dua tipe Influencer ini? Dan manakah yang efektif untuk bisnis? Mari baca selengkapnya pada artikel ini!

Nano Influencer

Nano influencer adalah seseorang yang memiliki audiens mulai dari 1.000 sampai dengan 10.000. Pada umumnya Nano Influencer cenderung memiliki engagament yang tinggi karena meskipun followers nya tidak terbilang begitu banyak, konten yang mereka bagikan biasanya sudah diketahui oleh komunitas kecil mereka dan dari pengalaman atau kegiatan dalam bidangnya sehari-hari yang disukai oleh audiens nya. Dengan berinteraksi kepada audiens yang angkanya kecil, pesan yang disampaikan akan diterima oleh pengikut mereka dengan lebih mudah. Dan artinya bekerja sama dengan Nano Influencer akan memberikan kesan autentik dan reputasi seputar produk atau jasa yang ingin dipromosikan.

source: mention.com
source: mention.com

Untuk para pelaku usaha yang baru mau mulai berbisnis dan ingin mengeluarkan produk atau jasa namun budget nya tidak begitu besar atau memiliki segmentasi tertentu, Nano Influencer akan menjadi pilihan yang tepat untuk anda! 

Selain konten yang diberikan sudah memiliki selling point, harga yang ditawarkan oleh Nano Influencer pun tidak mahal, bahkan biasanya mereka pun menerima barter value dengan produk atau jasa yang ingin dipasarkan. Sehingga mereka memberikan potensi yang bagus untuk bisnis dengan budget minim atau bisnis dengan segmentasi tertentu.

Micro Influencer

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun