Mohon tunggu...
Cato Prospero Yuda
Cato Prospero Yuda Mohon Tunggu... Lainnya - Siswa

Suka menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kolese Kanisius: Masa Penuh Memori dan Kenangan

16 September 2024   18:35 Diperbarui: 16 September 2024   19:05 27
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://id.pinterest.com/pin/374150681557471947/

Kolese Kanisius: Dahulu, Kini, dan Nanti

Kolese Kanisius, sebuah institusi pendidikan yang didirikan oleh para Jesuit pada tahun 1927 telah menjadi saksi bisu dari perjalanan panjang pendidikan di Indonesia. Sejak awal berdirinya, sekolah ini telah menanamkan nilai-nilai moral dan etika yang kuat kepada para siswanya. Dengan motto "Ad Majorem Dei Gloriam" (AMDG) dan "Man for Others," Kolese Kanisius tidak hanya berfokus pada pencapaian akademis tetapi juga pada pembentukan karakter yang kokoh. Para siswa diajarkan untuk menjadi individu yang tidak hanya cerdas tetapi juga peduli terhadap sesama.

Saat ini, Kolese Kanisius terus beradaptasi dengan perkembangan zaman tanpa melupakan akar tradisinya. Di era digital ini, sekolah ini telah mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran. Kurikulum yang inovatif, termasuk pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics), membantu siswa mengembangkan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan dunia modern. Namun, nilai-nilai dasar seperti kedisiplinan, tanggung jawab, dan pelayanan sosial tetap menjadi landasan utama dalam pendidikan di Kolese Kanisius.

Sebagai seseorang yang telah berada di Kolese Kanisius sejak kelas 7, saya merasakan betul bagaimana sekolah ini membentuk karakter dan kemampuan kepemimpinan saya. Mulai dari SMP, saya sudah mengikuti berbagai program pelatihan kepemimpinan yang dirancang untuk mengasah kemampuan saya dalam memimpin. Salah satu pengalaman yang paling berkesan adalah saat saya menjalani Ignatian Leadership Training (ILT) di SMA. Pelatihan ini sangat menguji mental saya, mengajarkan saya tentang pentingnya ketahanan dan kemampuan untuk tetap tenang di bawah tekanan.

Setelah melewati ILT, saya merasa tertantang untuk melanjutkan ke Advanced Leadership Training (ALT). Pelatihan ini tidak hanya mengasah kemampuan kepemimpinan saya lebih lanjut tetapi juga membantu saya mengembangkan keterampilan fisik dan mental yang lebih kuat. Selain itu, saya juga bergabung dengan Canimount, sebuah ekstrakurikuler yang menguji mental dan fisik. Pengalaman-pengalaman ini sangat berharga dalam membentuk karakter dan kesiapan saya menghadapi tantangan di masa depan.

Melihat ke depan, Kolese Kanisius memiliki visi yang jelas untuk terus mencetak generasi yang unggul dalam segala aspek. Program-program seperti ILT dan ALT akan terus dikembangkan untuk memastikan bahwa para siswa tidak hanya siap secara akademis tetapi juga memiliki karakter yang kuat dan integritas yang tinggi. Dengan fondasi yang kuat dan adaptasi yang tepat terhadap perkembangan zaman, Kolese Kanisius siap untuk terus berkontribusi dalam mencetak pemimpin masa depan yang berkarakter dan berintegritas.

Kolese Kanisius adalah tempat di mana nilai-nilai tradisional dan inovasi modern berjalan beriringan. Di sini, para siswa diajarkan untuk menjadi individu yang tidak hanya sukses secara akademis tetapi juga memiliki kepedulian sosial yang tinggi. Dengan demikian, Kolese Kanisius tidak hanya mencetak lulusan yang siap menghadapi dunia tetapi juga siap untuk membuat perubahan positif di dalamnya.

Melihat ke masa depan, harapan saya untuk Kolese Kanisius adalah agar sekolah ini terus menjadi pelopor dalam pendidikan yang holistik dan berkelanjutan. Saya berharap Kolese Kanisius dapat terus mengembangkan program-program yang tidak hanya fokus pada akademis tetapi juga pada pengembangan karakter dan kepemimpinan. Program seperti ILT dan ALT harus terus diperbarui dan disesuaikan dengan tantangan zaman, sehingga para siswa dapat terus belajar dan berkembang dalam lingkungan yang mendukung. Dengan komitmen yang kuat dari para pendidik dan dukungan dari seluruh komunitas sekolah, saya yakin Kolese Kanisius akan terus menjadi lembaga pendidikan yang unggul dan berpengaruh di Indonesia.

Ad Maiorem Dei Gloriam

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun