Mohon tunggu...
vicky anggriawan
vicky anggriawan Mohon Tunggu... Jurnalis - Jurnalis

journalist

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

RS Lapangan Yonkes 2 TNI AD "Camp David" Mamuju

14 Februari 2021   22:59 Diperbarui: 14 Februari 2021   23:30 215
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Saya ingin membuat sedikit catatan tentang RS Lapangan Yonkes 2 Makorem Mamuju yang dikomandani Letkol CKM dr Ayiq Mahmud, SpOT (K). Sudah dua kali saya berkunjung ke ruma sakit darurat yang khusus didirikan untuk membantu para korban bencana alam di Mamuju, Sulawesi Selatan. Saya mendapat kesempatan melongok ke dalam RS yang dari luar terlihat sangat rapi dan kokoh, meskipun dibuat dari tenda-tenda.

Ketika saya mengunjungi RS Lapangan Yonkes 2 ini, komentar saya hanya satu, keren. Rumah sakit lapangan TNI AD di Mamuju ini dibangun untuk mengantisipasi kebutuhan layanan kesehatan di Mamuju karena bencana gempa 15 Januari 2021 lalu. Rumah sakit ini dibangun dalam perencanaan yang sangat baik dan teliti.

Dalam bincang-bincang saya dengan Letkol dr. Ayiq Mahmud yang selalu terlihat sumringah, ia menjelaskan bahwa fisik rumah sakit lapangan ini dibuat dengan meniru yang sudah dibangun di New Zealand, Jerman, dan Prancis. Material tenda sangat khusus, dirancang untuk bisa menyerap panas sehingga di dalam tenda sama sekali tidak terasa panas.

Selain itu material tenda juga sangat kuat, sehingga tidak mudah robek bila terkena angin kencang. Tenda ini masuk dalam kategori tenda skeleton, berlapis tiga. Jadi dibangun rangka, kemudian dibungkus tenda bagian dalam, dan terakhir dengan tenda lapis thermal untuk menyerap panas.

Selain itu, bangunan tenda didesain khusus sehingga aliran udara mudah keluar masuk dari ruang ke ruang sehingga hawa tetap segar.

RS lapangan ini memiliki daya tampung 100 bed, dengan ruang-ruang yang lengkap, bahkan sampai ruang CSSD dan laundry. Personil yang bekerja setiap hari di RS ini berjumlah hingga 140 orang.

Menurut saya, RS Lapangan Yonkes 2 Mamuju adalah RS lapangan terbaik yang pernah saya lihat dan kunjungi. Mestinya dapat menjadi contoh untuk daerah-daerah yang terkena bencana.

Saya sempat sampaikan pada Letkol dr Ayik Mahmud bahwa saya merasa sedang berada di Camp David ketika berada di RS Lapangan TNI AD Mamuju.

Akhirnya, saya ucapkan selamat kepada Letkol dr. Ayiq Mahmud, SpOT atas karyanya yang spektakuler, RS Lapangan Yonkes 2, "Camp David" Mamuju.

Penulis: RKH, salah satu Dokter Relawan BNPB

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun