Mohon tunggu...
Andika Chandra Prasetyo
Andika Chandra Prasetyo Mohon Tunggu... -

Adaptive, nerd, dreamer, imaginative, kind, adventurous

Selanjutnya

Tutup

Travel Story

Stupid Backpacking: Goin' Where The Wind Blows #4

6 Maret 2011   04:13 Diperbarui: 26 Juni 2015   08:02 240
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Jam 6-an saya terbangun, kemudian shalat dulu (shalat apaan jam segini ?!!! ). Setelah shalat, kemudian saya mandi di wc umum. Dan perjalanan kembali dimulai. Karena tidak tahu arah, saya mencoba berjalan kaki berlawanan arah dengan arah saya datang. Tujuan saya adalah stasiun terdekat. Jalan kaki lumayan jauh, sampai saya bertemu polisi lalu lintas, kemudian saya memutuskan bertanya. “Pagi pak”, sapa saya “Ya, selamat pagi pak”, jawab pak polisi sopan. “Eee, saya mau nanya. Stasiun terdekat itu dimana ya?”, Tanya saya “Stasiun Semut (saya lupa, Gubeng atau Semut). Tinggal jalan kaki dari sini lurus saja, sampai ada rel kereta api. Tinggal masuk deh.”, terang pak polisi. “Owh..oke pak, makasih pak”, balas saya. Saya kembali melanjutkan perjalanan, lumayan jauh. Dari daerah wisata sunan Ampel sekitar 3km-an. Sampai di rel kereta api, saya masuk langsung seperti kata pak polisi, ternyata di cegat petugas stasiun yang berjaga di perbatasan. “MAS!! Gak boleh lewat sini!! Lewat depan!!”, teriak petugas. “Owhh!! Maaf pak!! Lewat depan itu dimana?!!”, Tanya saya dari kejauhan. “Muter aja!!”, balas si petugas. “Makasih pak”, kata saya. Kemudian, saya jalan lagi, berbalik arah. Mencoba pakai logika saya, saya mengikuti arah stasiun. Ternyata, jalan memutar lebih jauh!!! Sial!!! Istirahat sebentar sambil sarapan. Kemudian perjalanan saya lanjutkan kembali. Sampai di stasiun, saya langsung menuju loket. Dannnn… Tiket menuju Yogya mahal semua!! Karena disini gak ada kereta ekonomi!! Duit saya yang tinggal 70-an kurang. Haduhh… terancam gak bisa pulang kalo gini, pikirku waktu itu. Kemudian, saya mencoba Tanya ke petugas perobek tiket. “Pak, numpang nanya. Kereta ekonomi yang ke Yogyakarta gak ada ya ?”, Tanya saya “Owh… De, kalo disini sich gak ada kereta ekonomi. Kalo kereta ekonomi adanya di Gubeng (saya lupa, Gubeng atau semut.)”, jawab si bapak. “Mmm.. stasiun Gubeng dari sini jauh gak pak (saya berencana berjalan kaki lagi)”, Tanya saya. “Gini aja dek. Ikut aja kereta itu (sambil menunjuk ke arah kereta api). Jadi, adek beli aja tiket peron 2000. Nanti ngikut kereta itu”, kata si bapak memberi saran. “Owh… makasih ya pak”, kata saya. Kemudian, saya kembali ke loket dan membeli tiket peron. Kembali ke bapak itu lagi sambil menyerahkan tiket peron, dan tersenyum. Duduk di bangku tunggu penumpang sambil mendengarkan Live Music di stasiun. Di stasiun ini ada Live Music dari pengamen. Keren lho!! Gak berapa lama, kemudian datang kereta api. Saya didatangi bapak-bapak yang tadi, “Mas, naik kereta ini aja sampai stasiun Gubeng. Bisa kok!!”, kata si bapak. “Owh gitu yah… tapi gak ada tiket gimana nih?!”, tanyaku was-was. “Udah… gak papa mas. Bilang aja ngikut ke Gubeng”, kata si bapak lagi. “Oke deh pak. Makasih banyak ya pak”, kataku sambil berlari ke kereta. Batin saya, Ya ampunn, baik banget bapak ini, padahal gak kenal saya. Masuk ke gerbong paling belakang, ternyata ini kereta eksekutif. Kalo gak salah kereta Mutiara apa gitu. Saya lupa. Rada was-was juga, siapa tahu diperiksa karcisnya. Saya nekat duduk saja, pasang tampang cuek. Untung saja, sampai di Gubeng tidak ada pemeriksaan tiket. Saya pun turun dari kereta. Kemudian menuju loket. Ahh…selamat juga saya. Ada kereta ekonomi murah menuju Yogyakarta. Kalo tidak salah sekitar 30-40an. Saya lupa… :P Kereta masih lama datang, saya duduk diluar. Kemudian didatangi pria. “Mas pinjem korek ada ?”, tanyanya. “Ini mas…”, kataku sambil menyerahkan korek api. “Eh mas… mau beli HP gak ?!”, katanya pelan. “HP apa ?!”, tanyaku penasaran. “Ini mas..”, kata dia sambil menunjukan HP. Kalo gak salah itu HP Nokia tipe 5800. “Wah,, sayang aku lagi gak punya duit ini mas. Tapi, itu hp dapet dari mana ?!”, tanyaku penasaran. “Pokoknya ada dech mas.. Mau gak nich mas ?! Aku jual murah deh…”, tawar si mas lagi. “Wah.. saya juga gak punya uang mas. Mmmm,, itu hp dari nyopet ya mas ?!”, tanyaku blak-blakan masih penasaran. “Apa nemu di kereta mas ?”, tanyaku lagi. “Yah, pokoknya ada dech mas”, jawab dia misterius “Sante aja lagi mas,, dari nyopet ya itu HP ?”, tanyaku langsung “Gakk..pokoknya ada deh mas”, jawabnya “Gini aja deh mas,, mas punya uang berapa, terus HP mas kasih ke saya, kita barter. Soalnya lagi butuh duit banget buat ke Solo nih”, kata dia lagi. “Wah.. saya gak punya uang mas. Ini aja mau pulang,bingung. Lagian kalo punya uang pun saya gak mau ngasihin HP saya. Banyak kenangannya soalnya mas”, jawabku panjang. “Mmm,,, kalo di jual di counter gitu mau gak yah ?”, tanya dia lagi “Ya coba aja mas... kalo counter gede biasanya bisa”, kataku sok tahu, berharap dia cepat pergi “oke dah.. thanks ya. Mau coba jual di counter aja deh”, selorohnya sambil berlalu “oke mas”, jawabku Saya pun masuk lagi kedalam stasiun, duduk lesehan di bawah menunggu kereta. Disamping saya, ada dua anak kecil sedang bermain tebak-tebakan. Sumpah lucu banget.. Gini tebakannya, (saya masih ingat, soalnya saya jadiin tebak-tebakan favorit saya juga.. hahahaha) Anak kecil 1 : Tikus apa yang punya dua kaki ? Anak kecil 2 : Tikus buntung Anak kecil 1 : Salah. Mickey Mouse. Anak kecil 1 : Sekarang, anjing apa yang punya dua kaki ? Anak kecil 2 : Gak tau. Anak kecil 1 : Goofy. Hahaha... Anak kecil 1 : Nah, kalau bebek,, bebek apa yang punya dua kaki ? Anak kecil 2 : Donald Bebek!!! (jawabnya yakin) (saya juga ikutan jawab di dalam hati.. Donald Bebek lah) Anak kecil 1 : Salah. Bebek kakinya emang dua kaliiiiiii.... hahaha (Kamprett!!! hahahhaa) Pengen ngakak sejadi-jadinya disitu, tapi saya tahan, jadi Cuma senyum senyum gak jelas. Sorry, anggep aja Intermezzo..hehe.. Gak berapa lama, datang anak kecil, kira-kira seumuran SMP-SMA. “Mas, kereta (saya lupa namanya) yang ke (tujuannya juga lupa,,kalo gak salah Kediri) udah dateng belum ?”, tanyanya “Haduhh.. saya juga gak tau tuh.. coba tanya sama yang lain aja”, jawabku Anak itu tanya-tanya lagi, cari informasi ke orang lain. “Udah ?”, tanyaku waktu anak itu balik lagi ke tempat saya “Udah... bingung juga. Soalnya ini baru pertama kali naek kereta”, kata dia “Owh.. lah, emang dari mana ?”, tanyaku “Saya asli Kalimantan. Ini mau ke Kediri (anggap aja Kediri yah. Saya lupa soalnya), mau ke main ke Kakek saya”, kata dia lagi. “Owh,, kalo saya dari Semarang.”, kataku. “Dari Semarang ke Surabaya ngapain mas ?”, tanyanya. “Gak,, Cuma jalan-jalan doang.”, jawabku singkat. “Disini gak ada temen ?”, Tanya dia lagi. “Ada sih. Cuma sengaja gak bilang. Semalem aja tidur di mushala di daerah wisata Sunan Muria, untung di tolong orang Madura.”, jawabku. “Owh,, Orang Madura itu baik-baik ya ?!”, tanyanya “Mmm, baik banget. Kenapa ?”, tanyaku balik. “Biasanya mereka tuh Cuma baik di luar aja mas. Tapi ya gak semua gitu juga sih”, terangnya “Ahh, mereka baik kok. Buktinya aku gak kenapa-kenapa. Malah banyak banget di bantu sama mereka.”, jawabku. Sampai disini saya baru ingat kalau suku Madura dan Dayak Kalimantan pernah ada bentrok berdarah. “Yah, berarti mas beruntung ketemu orang Madura yang baik. Kalau saya itu takut sama mereka mas.”, kata dia. “Emang takut kenapa ?!”, tanyaku “Takut aja mas. Mereka itu serem.”, jawabnya Batin saya, serem dari mana ?! Baik banget gitu kok. “Oh iya, dulu yang masalah orang Dayak sama Madura itu kenapa sih ?”. tanyaku frontal Sampai disini saya lupa asal muasal penyebab perang suku tersebut versi orang Dayak. Tapi, seandainya saya ingatpun, gak bakalan saya tulis di sini. Siapa tahu bisa menimbulkan fitnah dan hal-hal sejenisnya.  Saya cuma ingat di bagian mistis-mistisnya saja. “Kita tuh bisa tahu orang Madura itu yang mana, mas”, kata dia “Hah ?! Kok bisa ?!”, tanyaku heran “Iya, bau mereka tuh beda”, kata dia lagi. “Beda gimana ?! Masa sih ?”, tanyaku penasaran “Iya. Ya beda aja. Dulu tuh, waktu perang suku itu. Yang ikut perang itu mukanya di usap ramuan, terus di bawah hidungnya itu di kasih ramuan juga.”, katanya “Emang buat apaan ramuan itu ?!”, tanyaku “Ramuan itu biar gak kenal belas kasihan, dan takut. Terus biar bisa nyium bau orang Madura. Kalo pake ramuan itu juga, orang Madura nanti mukanya terlihat kaya anj*ng (maaf bagi yang bersuku Madura. Bukan maksud saya melecehkan. Saya hanya menceritakan yang diceritakan anak tersebut. Bagi yang tidak berkenan, silakan PM saya. Maka akan saya ganti kalimat ini)”, kata bocah itu. “Wihh, serem amat. Pantesan mereka keliatan kejem banget ya.”, kataku “Saya pernah nonton video kerusuhan itu. Tapi cuma bentar aja, gak kuat nontonnya. Masa kepala orang di tenteng-tenteng gitu aja”, kataku lagi Kita ngobrol terus sampai kereta bocah itu datang. “Ayo mas.. saya duluan”, pamit bocah itu “Iya.. ati-ati ya.”, balasku Kemudian saya menunggu kereta saya datang, sambil sedikit meluruskan kaki di lantai Stasiun. Lumayan lama, akhirnya kereta datang juga. Saya pun segera masuk ke kereta. Duduk di depan saya, seorang Ibu tua yang menemani saya mengobrol selama perjalanan menuju Yogya. Tentang jodoh, tentang keluarga, tentang kerjaan. Tentang senangnya jadi orang tua. Lumayan, saya dapat wejangan dan doa juga.  Nah, kalo Ibu yang ada di bangku seberang bangku saya, metal abis!! Bayangin aja, bapak-bapak yang duduk di sampingnya dimintain rokok. Di kasih rokok ber filter katanya “Ahh, ora enak nek iki”. Tapi tetep di sulut juga. Hampir yang melihat pasti senyum-senyum, soalnya si Ibu Metal ini ngerokok dengan gaya tengil. Satu kaki di taruh di bangku kosong depannya. Hahaha.. Saya dan Ibu di depan saya berpandangan, sambil mencoba menahan senyum.  Yahh, beberapa jam kemudian, saya sampai di Jogya. Saya menginap di rumah temen semalem. Dan baru melanjutkan perjalanan ke Semarang keesokannya. Ahh,, Selamat tinggal Surabaya. Semalam di sana, bakalan saya kenang terus.  Membuat saya percaya, bahwa sikap saling tolong menolong, tepo sliro, masih mengalir di darah orang Indonesia. Sampai di Semarang, uang saya hanya tinggal beberapa keeping recehan saja. Hahaha… Well, cerita saya berakhir di sini.. Many thanks buat yang udah baca dan nunggu saya nyelesein cerita ini lama Salam Ransel... :)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun