Hmm ga bisa dipungkiri kalo setelah libur panjang, tersembul kata 'susah' untuk memulai lagi kegiatan belajar mengajar. Mencari aktifitas warming up awal semester yang mengasikkan, membangkitkan semangat, sekaligus pemberian materi yang terselubung, menjadi momok bagi sebagian para guru (baca: seperti saya, wkwk). Di sisi lain, paparan waktu di kalender akademik seakan menjadi sosok yang tak mau tau. Minimnya hari efektif yang masih dikikis event-event sekolah, membuat otak harus bekerja lebih kuerasssss mencari cara membabat materi pelajaran sekaligus cara agar siswa mengerti materi baru tanpa mengurangi suasana menyenangkan di dalam kelas.
Setelah bersemedi dan memohon ilham, akhirnya saya menemukan sebuah permainan super jitu yang bisa saya sesuaikan dengan topik baru di masing-masing kelas. Perkenalkan... permainan ini bernama Pictionary. Saya berani membaginya ke Temen-temen karena kesaktiannya telah teruji di tiga kelas yang saya masuki di awal pertemuan semester ini. Ia berhasil membuat kelas yang muram dengan wajah memelas tak berdaya berubah menjadi wajah-wajah ceria yang bersemangat dan berenergi di menit ke 15. Kedigdayaannya mengalir tanpa putus sampai menit ke-40. 80% siswa di kelas saya menggerakkan badan gemas, bersaut-saut menjawab dengan ekspresi wajah yang berubah-ubah tak jelas. Yes! Semangat mereka membara, menyala dan bergejolak.
Ini video kami saat di kelas: Pictionary: Siswa Belajar Tanpa Sadar. Semoga menginspirasi.
Dan inilah cara bermain Pictionary. Masing-masing siswa menulis sebuah kata pada kertas kecil yang dibagi. Setelah itu, bagilah kelas menjadi dua kelompok. Tiap kelompok memiliki waktu 1 menit untuk bermain. Salah satu siswa akan mengambil kertas, menggambarkan kata yang ia dapat di papan tulis hingga teman-teman dalam satu timnya mampu menebak kata itu. Ia bisa men-skip dan menggambarkan kata yang lain jika kata sebelumnya sulit tertebak. Tapi ingat, waktunya hanya satu menit!
Untuk pelajaran Bahasa Inggris SMP, saya meminta mereka menuliskan kata-kata sesuai topik baru yang akan kami bahas. Contohnya: kelas 7 SMP menuliskan kata-kata yang berhubungan dengan topik The Digital World sedangkan kelas 8 SMP menuliskan kata-kata yang berhubungan dengan topik Music Connnects Us. Setiap tim berhak mendapatkan nilai 100 jika berhasil menebak satu kata, jadi jika dalam 1 menit mampu menebak lebih dari 1 kata, mereka pun akan mendapatkan nilai lebih dari 100. Jika tidak tertebak maka nilainya 0. dan karena kelas saya adalah Bahasa Inggris, nilai mereka akan minus 200 (-200) jika menggunakan bahasa selain Bahasa Inggris. Tujuan permainan ini sangat jelas. Saya mengajak mereka brainstorming untuk semua vocabularies yang berkaitan dengan topik, mereka pun mempraktekkan kemampuan berbicara dalam Bahasa Inggris. Yes! The goal: I use my English and I know all vocabularies in my unit. Mereka belajar tanpa sadar!
Klo Teman-teman sendiri, aktifitas apa yang Teman-teman gunakan untuk mengajak siswa belajar tanpa sadar? Bagi ya....
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H