Bisnis kuliner merupakan bisnis yang menjanjikan. Setiap orang atau perusahaan berusaha untuk membuat bisnis kuliner menjadi bisnis andalan. Bahkan, bisnis kuliner tersebut bisa menjadi ladang untuk menangguk keuntungan yang luar biasa. Namun, persaingan bisnis yang tajam membuat orang atau perusahaan untuk memutar otak atau mengatur strategi mempertahankan bisnis tersebut. Dengan kata lain, Â mempertahankan pelanggan agar tetap loyal adalah sebuah keniscayaan.
Persaingan bisnis makanan cepat saji khususnya kuliner yang bergaya Jepang sungguh tajam. Oleh sebab itu, perusahaan harus melakukan berbagai inovasi untuk tetap dikenal pelanggan. Salah satu perusahaan kuliner yang melakukan inovasi adalah Hokben. Banyak orang khususnya generasi millennium yang belum familiar dengan kata tersebut. Padahal, sebenarnya Hokben adalah nama lain dari Hoka hoka Bento, restoran siap saji bergaya Jepang pertama dan terbesar di Indonesia. Perubahan nama tersebut sebagai inovasi yang diperoleh dari penyebutan nama yang sering diucapkan oleh pelanggan untuk mempermudah pengucapannya. Oleh sebab itu, kata Hokben menjadi nama brand terbaru agar lebih dikenal pelanggan.
Perlu diketahui bahwa Hokben didirikan pada tanggal 18 April 1985 dibawah PT Eka Bogainti. Hokben telah memiliki Sertifikat Halal No. 00160048830908 dari MUI dan Sistem Jaminan Halal dengan kategori Sangat Baik (A), telah tumbuh dan berkembang hingga memiliki lebih dari 145 gerai (data bulan Desember 2016) di pulau Jawa dan Bali. Restoran tersebar di Jabodetabek, Serang, Cilegon, Karawang, Bogor, Banten, Bandung, Cimahi, Tasikmalaya, Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Malang dan Bali.
Dari segi produk, maka Hokben mengeluarkan menu terbaru sebagai menu andalan. Menu terbaru tersebut adalah Tokyo Bowl. Hokben memahami bahwa dunia digital sangat mempengaruhi perkembangan bisnisnya. Maka, bekerja sama dengan para blogger untuk mengenalkan menu terbaru kepada masyarakat Jawa dan Bali khususnya merupakan  strategi marketing yang harus ditempuh. Setelah mengadakan pertemuan dengan para blogger di pulau  Jawa, maka Hokben mengadakan pertemuan kembali dengan blogger Bali di Hokben yang berlokasi di jalan Teuku Umar Denpasar.
Acara yang dipandu oleh Ibu Irma Wulansariselaku Communication Dept Head Hokben dan didampingi oleh Store Manager Hokben Teuku Umar Denpaasar Bapak Suwondo. Pada acara temu blogger yang diadakan meriah tersebut, Hokben memperkenalkan menu terbaru Hokben yang bernama Tokyo Bowl. Para blogger pun diberi kesempatan untuk mencicipi menu terbaru tersebut dan eksplorasi restoran Hokben sebagai tempat yang ideal untuk mengadakan berbagai acara seperti ulang tahun, pertemuan dan lain-lain.
Sebagai informasi bahwa Tokyo Bowl adalah menu terbaru Hokben berupa sajian praktis yang tersaji dalam satu mangkok lengkap dengan lauk beserta seaweed(rumput laut) dan daun bawang yang diatur di atas nasi. Adapun, tiga menu baru varian Tokyo Bowl yaitu: Tokyo Bowl Chicken Steak (Original dan Hot Chicken Steak), Tokyo Bowl Chicken Katsu Tare dan Tokyo Bowl Chicken Karaage Mayo. Sedangkan 2 menu yang dilanunching sebelumnya pada bulan Ramadhan adalah Tokyo Bowl Tori Don dan Tokyo Bowl Byu Don.
5 menu terbaru Hokben sungguh mengundang selera. Dengan kemasan yang praktis dalam wadah mangkuk khas Jepang dan tampilan warna yang bervariasi merangsang setiap orang untuk mencicipinya. Bukan hanya itu, menu terbaru Hokben bertujuan untuk memanjakan lidah pelanggan agar tetap setia berkunjung menikmati menu-menu yang ditawarkan.
Nah, saat menikmati menu Hokben maka tidak terlepas dari penggunaan sepasang sumpit makan sebagai cara makan ala Jepang. Setelah ditelusuri lebih dalam bahwa dalam sepasang sumpit makan yang terbungkus dalam sebuah wadah kertas dan bertuliskan "Crack me open & enjoy" mengandung filosofi bisnis Hokben dalam menjalankan bisnis dan melayani pelanggan. Ada 5 filosofi Hokben yaitu:
- Hokben selalu menyediakan menu yang cocok untuk setiap keluarga.
- Kru restoran Hokben siap menyambut ramah setiap pengunjung yang dating.
- Restoran Hokben merupakan tempat yang pas untuk berkumpul bagi pelanggan dan teman-temannya.
- Kru restoran Hokben memberi rasa hormat kepada setiap pelanggan.
- Harga diri sebagai kru restoran Hokben untuk melayani pelanggan dengan sebaik-baniknya.
Perlu diketahui bahwa Tokyo Bowl Tori Don berbasis ayam sedangkan Tokyo Bowl Gyu Don berbasis daging sapi. Jadi semuanya ada 5 menu baru Tokyo Bowl Hokben yaitu:
- Tori Soboro, yaitu: daging ayam cincang dengan saus teriyaki khas Hokben (Teriyaki Soboro) yang disajikan di atas semangkuk nasi dan kremesan dengan toping potongan seaweed (rumput laut) dan daun bawang.
- Gyu Soboro, yaitu: daging sapi cincang dengan saus teriyaki khas Hokben (Gyu Soboro) yang disajikan di atas semangkuk nasi dan kremesan dengan topping potongan seaweed(rumput laut) dan daun bawang.