Revolusi Industri 4.0 yang sering disebut dengan "cyber physical system" merupakan upaya transformasi menuju perbaikan dimana dengan terjadinya penggabungan antara teknologi otomatisasi dengan teknologi cyber . Revolusi 4.0 ini sendiri muncul di abad ke-21 dengan ciri utama yaitu kombinasi antara informasi dengan teknologi komunikasi ke dalam bidang industri.
Industri 4.0 mengacu pada fase baru dalam revolusi industri yang sangat berfokus pada interkonektivitas, otomatisasi, pembelajaran mesin, dan data real-time. Industri 4.0, yang mencakup IOT dan Machine Learning, beroperasi dengan teknologi digital,Â
dan big data untuk menciptakan ekosistem yang lebih baik dan terhubung untuk perusahaan yang fokus pada manufaktur dan manajemen industri. setiap perusahaan dan organisasi yang beroperasi saat ini berbeda, mereka semua menghadapi tantangan bersama -- sama dengan kebutuhan akan keterhubungan dan akses ke wawasan di mitra, produk, dan orang. Di situlah Industri 4.0 ikut berperan.
Industri 4.0 bukan hanya tentang berinvestasi dalam teknologi dan alat baru untuk meningkatkan efisiensi operasional tetapi ini tentang merevolusi cara seluruh bisnis perusahaan beroperasi dan tumbuh dengan pesat
Adapun beberapa jenis teknologi di revolusi Industri 4.0 yang populer saat ini
1. Internet of Things atau IoT
Internet of things, atau IoT adalah sistem perangkat komputasi yang saling terkait, mesin mekanis dan digital, objek, atau orang yang dilengkapi dengan pengidentifikasi unik dan kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa memerlukan manusia berinteraksi dengan manusia atau manusia berinteraksi dengan komputer
2. Big Data
Big Data adalah kombinasi dari data terstruktur, semi -terstruktur dan tidak terstruktur yang dikumpulkan oleh organisasi yang dapat diambil untuk informasi dan digunakan dalam proyek machine learning, pemodelan prediksi dan aplikasi analitis lainnya.
3. Augmented Reality
Augmented Reality atau yang juga biasa disebut dengan AR. merupakan sebuah teknologi dimana benda dunia maya / 2 dimensi akan terlihat nyata di lingkungan 3 dimensi tersebut. AR membawa konten digital ke lingkungan real yang sudah ada. Aplikasi Augmented Reality akan menerapkan informasi visual, pendengaran, dan sensorik lainnya ke dunia untuk meningkatkan pengalaman pengguna.