IPB Goes To Field Domisili/Ko-Kreasi merupakan kegiatan yang diadakan oleh IPB University dalam rangka membantu UMKM lingkar kampus untuk membranding produk melalui digital marketing. Dalam rangka mewujudkan digital marketing ini, kelompok 4 IGTF mendampingi sebuah UMKM Brownies Mocaf yang berada di Kp. Gunung Leutik, Desa Benteng, Ciampea RT 04/05. Kegiatan pendampingan tersebut diusung dengan tema "Towards Creative and Innovative Digital Marketing". Usaha ini telah berdiri sejak 2018 namun dikarenakan kondisi pandemi yang sempat sangat sulit, usaha ini terpaksa berhenti selama dua tahun namun berhasil untuk bangkit kembali.
Sebelum melakukan program kegiatan IGTF ini, para mahasiswa membuat pembagian tim, jadwal agenda penjajakan, pembagian kerja rebranding, dan jadwal pengerjaan tim online untuk melancarkan kegiatan IGTF. Kegiatan pendampingan dan penyusunan kerja ini bertujuan untuk menciptakan rebranding produk UMKM agar menjadi lebih kreatif dan inovatif untuk masuk ke pemasaran melalui media digital. Hasil penjajakan ini juga telah menciptakan materi "Pentingnya Promosi Menarik dan Kreatif" dan "Cara Management Instagram yang Aktif dan Menarik" yang akan dipaparkan kepada pemilik UMKM Brownies Mocaf untuk memberikan pemahaman dan edukasi. Selain itu para mahasiswa juga membuat akun media sosial, seperti facebook, Instagram, dan email usaha dengan branding nama baru yaitu "Linda's Mocaf Bakery" pada 13 November 2021. Selanjutnya agar lebih menarik, para mahasiswa IGTF kelompok 4 ini mencari ide nama usaha, membuat desain kartu ucapan pada kemasan produk, katalog promosi, logo, dan menentukan visi-misi.
"Dengan diadakannya IPB Goes to Field ini, UMKM Linda's Mocaf Bakery pun secara bertahap dapat memulai langkahnya dalam pemasaran digital berikut dengan identitas usaha barunya." tutur perwakilan dari mahasiswa program IGTF ini. Brownies Mocaf sendiri sangat bermanfaat bagi tubuh, karena mocaf memiliki manfaat-manfaat seperti membantu regenerasi sel, makanan sehat bagi penderita diabetes dan mencegah menopause dini.
Setelah melakukan berbagai diskusi dan rebranding produk ke lokasi UMKM, akhirnya segala program rebranding yang dilakukan oleh kelompok 4 dalam IGTF ini diterima dengan sangat baik oleh Ibu Linda selaku pemiliki UMKM Brownies Mocaf. Ibu Linda senantiasa juga melangkah bersama kami untuk kemajuan UMKM Brownies Mocaf ini menuju pemasaran digital yang kreatif dan inovatif.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H