Mohon tunggu...
Carissa Reyna Sugiarni
Carissa Reyna Sugiarni Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa aktif jurusan program studi komunikasi

Saya seorang mahasiswa aktif jurusan komunikasi di Sekolah Vokasi IPB, kini tengah menekuni bidang jurnalistik dan juga ingin aktif menjadi seorang jurnalis muda

Selanjutnya

Tutup

Money

Branding Digital Marketing UMKM Brownies Mocaf, IPB Goes To Field Bantu UMKM Lingkar Kampus

25 November 2021   22:30 Diperbarui: 25 November 2021   22:52 290
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

IPB Goes To Field Domisili/Ko-Kreasi merupakan kegiatan yang diadakan oleh IPB University dalam rangka membantu UMKM lingkar kampus untuk membranding produk melalui digital marketing. Dalam rangka mewujudkan digital marketing ini, kelompok 4 IGTF mendampingi sebuah UMKM Brownies Mocaf yang berada di Kp. Gunung Leutik, Desa Benteng, Ciampea RT 04/05. Kegiatan pendampingan tersebut diusung dengan tema "Towards Creative and Innovative Digital Marketing". Usaha ini telah berdiri sejak 2018 namun dikarenakan kondisi pandemi yang sempat sangat sulit, usaha ini terpaksa berhenti selama dua tahun namun berhasil untuk bangkit kembali.

Sebelum melakukan program kegiatan IGTF ini, para mahasiswa membuat pembagian tim, jadwal agenda penjajakan, pembagian kerja rebranding, dan jadwal pengerjaan tim online untuk melancarkan kegiatan IGTF. Kegiatan pendampingan dan penyusunan kerja ini bertujuan untuk menciptakan rebranding produk UMKM agar menjadi lebih kreatif dan inovatif untuk masuk ke pemasaran melalui media digital. Hasil penjajakan ini juga telah menciptakan materi "Pentingnya Promosi Menarik dan Kreatif" dan "Cara Management Instagram yang Aktif dan Menarik" yang akan dipaparkan kepada pemilik UMKM Brownies Mocaf untuk memberikan pemahaman dan edukasi. Selain itu para mahasiswa juga membuat akun media sosial, seperti facebook, Instagram, dan email usaha dengan branding nama baru yaitu "Linda's Mocaf Bakery" pada 13 November 2021. Selanjutnya agar lebih menarik, para mahasiswa IGTF kelompok 4 ini mencari ide nama usaha, membuat desain kartu ucapan pada kemasan produk, katalog promosi, logo, dan menentukan visi-misi.

"Dengan diadakannya IPB Goes to Field ini, UMKM Linda's Mocaf Bakery pun secara bertahap dapat memulai langkahnya dalam pemasaran digital berikut dengan identitas usaha barunya." tutur perwakilan dari mahasiswa program IGTF ini. Brownies Mocaf sendiri sangat bermanfaat bagi tubuh, karena mocaf memiliki manfaat-manfaat seperti membantu regenerasi sel, makanan sehat bagi penderita diabetes dan mencegah menopause dini.

Setelah melakukan berbagai diskusi dan rebranding produk ke lokasi UMKM, akhirnya segala program rebranding yang dilakukan oleh kelompok 4 dalam IGTF ini diterima dengan sangat baik oleh Ibu Linda selaku pemiliki UMKM Brownies Mocaf. Ibu Linda senantiasa juga melangkah bersama kami untuk kemajuan UMKM Brownies Mocaf ini menuju pemasaran digital yang kreatif dan inovatif.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun