Mohon tunggu...
carisha affifah
carisha affifah Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswa

hai readers saya sasa disini saya akan menulis tentang hal yang saya ketahui saya disini akan menulis banyak tentang berita,kesukaan saya,dan hal menarik lainnya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penipuan Tik Tok Shop melalui WA

16 Februari 2024   01:47 Diperbarui: 16 Februari 2024   01:55 117
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

hi readers perkenalakan nama saya harisha saya disini akan bercerita tentang kejadian yang saya alami melalui akun tiktokshop modusnya dengan saaya membeli barang lalu kemudian saya memakai fitur cod ternyata ada nomor mengatasnamakan tiktokshop kalau paket saya sudah sampai padahal belum sampai ketangann saya paketnya,kesalahan saya memilih cod karena saya terlalu percaya terhadap orang jadi mau gamau saya mempercayainya katanya paket saya di titipkan ketetangga saya ternyata melalui tetangga pun tidak ada sama sekali paket yang datang,ternyata orang yang datang adalah seorang penipu bukan kurir paket yang menerima paket saya,dan anehnya lagi di pesanan tertera bahwa barang saya belum sampai tapi ada kurir yang mengatasnaamakan bahwa paket yang di pesan itu atas nama saya dan barangnya itu milik saya katanya,

saya harus lebih berhati-hati lagi dan jangan gampang percaya sama orang entah itu siapapun,terutama jangan gampang membuka link atau file apapun yang gak kenal jangan langsung buka file itu terlebih dahulu,alu engga penting-penting amat kalau bisa delete saja langsung kalau dirasa tidak pentingdan kalau ada massgae random dari nomor tidk dikenal jangan sembarangan mebukanya,

dan ketika ada yang mengirim pesan dan file nya ada tulisan apk kemungkinan itu akun bakal terinstall dan mengunduh data-data kita sebaiknya jangan dibuka dan di install bisa membahayakan bisa saja dengan kejadian seperti ini data semua di kuras oleh hacker yang tidak bertanggung jawab demi mendapatkan keuntungan yang di perolehnya,modes penpuan terbaru biasanya melalui whastaapp,kalau file itu berbentuk file foto atau surat tilang,karena banyak sekali sekarang cara scam melalui wa,bukan cuma itu saja pertama penipu mengaku sebagai admin toko dan mengatakan barang yang sudah di pesan tidaktidak ada dan harus di retur,dengan catatan uang akan kembali ke saya,tapi saya harus membatalkan dulu belanjaan saya.

sayapun mengikuti arahan si penipu.setelah itu dia akann memberikann link ke saya untuk ddklik dan diikuti proaedurnya,dia meminta 1 nomor selain yang saya pakai,untuk di transfer ke omor tersebut 

ternyata saya belum buat akun ovo untuk nomor tersebut dan dia mencoba mengaktifkannya dengan membuat link kode otp kemudian dia mencoba untuk merambah ke rekening saya,tapi saya ada feeling gaenak dan ini rasa ini aadalah penipuan modus,

uang saya biasanya jika di refund melalui akun tiktok harusnya secara otomatis akan ke refund ini dia si penipu memakai nomor yang bukan biasannya digunakan melainkan dia membuat akun ovo baru dengan nomor saya yang lain

modusnya dengann menyebutkan bahwa nomor yang baru itu hanya untuk kontak darurat,

saya bersigeas melaporkan kasus ini kepada akun resmi tikttokshop dan ovo agar tidak terjadi kesalahan dan miss komunikasi antara si penipu dan akun resminya tersebut.jangan termakan hoaxx dan bodoh digital terkadang kita hanya percaya begitu saja tanpa tau niat yang sebenarnya itu sangat jahat sekali dan  sangat merugikan orang lain.cara menghindarai penipuan itu terjadi dengan cara memastikan dan mengecek riwayat perjalanan paket,periksa ukuran paket dengan benar sudah sesuai dengan barang yang punya kita atau belum,jika ada paket yang datang jangan buru-buru dibuka periksa terlebih dahulu apakah benar punya kita atau bukan.

pastikan nama dan alamat sesuai dengan nama infor masi yang sesuai,berarti paket tersebut berisikan barang yang di pesan.

terima paket sendiri dan hindari membuat janji di luar aplikasi,tiktok shop jadir membuat janji dan kesepakatan dengan penjualan di luar aplikasi atau biasa yang di sebut kita adalah cod dan aplikasi yang disediakan.

jika memang di rasa janggal dalam bertransaksi,peembeli dapat membuat aduan ke custumer service,

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun