Mohon tunggu...
Aditiyo Aditiyo
Aditiyo Aditiyo Mohon Tunggu... -

Konsultan untuk Hidup dan Karir Anda

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Ilmu Senyum yang Menghasilkan Lebih

5 November 2015   08:57 Diperbarui: 5 November 2015   09:18 11
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Suatu hari, ada dua kejadian yang memberikan saya satu pelajaran yang sangat penting. Sederhana, tapi jarang kita lakukan secara konsisten Jadi waktu saya berangkat, di suatu persimpangan di Kalimalang, ada Pak Ogah yang membantu mengatur lalu lintas. Seperti biasa dia dengan sigap membantu kendaraan yang hendak lewat. Yang membuat saya terkesan padanya adalah bagaimana dia selalu tersenyum pada semua kendaraan. Karena antriannya cukup panjang, memberikan saya cukup waktu untuk mengobservasi kalau 9 dari 10 kendaraan memberikan dia uang jasa.

Lalu giliran saya jalan dan sayapun memberikan uang jasa tanpa merasa terpaksa. Pertama karena dia tersenyum, yang kedua karena saya merasa dia benar-benar membantu lalu lintas di persimpangan tersebut.

Ok singkat cerita di sore harinya saya kembali melewati persimpangan tersebut. Tapi saat ini si Pak Ogah sudah berubah, mungkin sudah aplusan dan shift berganti. Hmmmm, berganti dan berubah bertolak belakang

:(
:(
Si Pak Ogah yang ini, buset senyum saja tidak DAN yang paling mengejutkan, setiap kendaraan yang tidak memberikan uang jasa padanya seketika juga dia SEMPRIT dengan sempritan di mulutnya. Suatu tindakan tanpa kesopanan dan tentunya mengintimidasi orang.

Berapa banyak yang memberikan dia uang jasa? Perkiraan terbaik saya hanya 4 dari 10 yang melakukannya. Terbayang dong seberapa sering dia meniup sempritan itu

:)
:)
 Saya percaya kedua Pak Ogah itu rutin berada di lokasi itu. Yang satu melakukan personal branding dengan baik, yang satunya tidak memiliki pemikiran panjang untuk memiliki personal branding.  Kita belum berbicara personal branding secara mendalam disini, saya hanya ingin menekankan betapa pentingnya suatu tindakan yang sebenarnya sangat sederhana, tapi tidak dilakukan.

Yang pertama adalah soal berpikir panjang. Mikir bahwa kita ada di dunia karir yang saling terkoneksi, apapun yang kita lakukan suatu saat pasti terdengar orang lain. Jangan ambil jalan pintas! Jangan hanya gara2 pencapaian sesaat terus tindakan Anda tidak berintegritas.

Yang kedua adalah soal how you approach your job! Kerjaan gak ada yang bertambah baik kalau Anda cemberut. Orang juga sudah males duluan, kalau orang sudah males gimana mau bantuin Anda?!

Lakukan pekerjaan dengan positif, ya semua pekerjaan ada tantangannya, tapi tantangannya akan bertambah berat kalau dihadapi secara negatif. Sederhana, apabila dilakukan, yang satu akan memiliki hasil lebih, yang satunya tambah manyun

:)
:)
 

http://www.careerguideindonesia.com/2015/10/ilmu-senyum-yang-menghasilkan-lebih/

Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun