**Teori Belajar Sosial Albert Bandura**
Albert Bandura adalah seorang psikolog Kanada-Amerika yang dikenal luas karena kontribusinya dalam bidang psikologi sosial, khususnya teori belajar sosial. Teori ini, yang juga dikenal dengan nama teori pembelajaran sosial atau teori kognitif sosial, menekankan pentingnya observasi, imitasi, dan model dalam proses pembelajaran individu. Bandura mengembangkan teorinya berdasarkan pandangan bahwa perilaku manusia dipelajari melalui interaksi dengan lingkungan sosial, dan bahwa individu dapat belajar tidak hanya dari pengalaman langsung, tetapi juga melalui pengamatan terhadap orang lain.
### Asumsi Utama Teori Belajar Sosial
Teori belajar sosial Bandura didasarkan pada beberapa asumsi dasar yang menjadi landasan pemikirannya. Berikut adalah beberapa poin utama dari teori ini:
1. **Belajar melalui Observasi**Â Â
  Bandura menekankan bahwa banyak perilaku manusia dipelajari melalui observasi atau pengamatan terhadap orang lain, yang sering kali disebut sebagai model. Proses ini terjadi tanpa adanya pengalaman langsung yang dialami oleh individu. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran tidak hanya terjadi melalui penguatan atau hukuman langsung (seperti yang dijelaskan dalam teori behaviorisme), tetapi juga melalui interaksi sosial.
2. **Peran Model**Â Â
  Dalam teori ini, model dapat berupa orang tua, teman, guru, atau figur publik yang menunjukkan perilaku tertentu yang dapat ditiru oleh individu. Pembelajaran ini terjadi ketika individu mengamati tindakan model dan konsekuensinya, lalu membuat keputusan apakah akan meniru perilaku tersebut berdasarkan apa yang telah diamati.
3. **Kognisi dan Proses Mental**Â Â
  Bandura menambahkan bahwa individu tidak hanya sekadar meniru apa yang mereka lihat. Proses mental yang melibatkan perhatian, pengingatan, dan pengolahan informasi berperan penting dalam pembelajaran sosial. Pengamatan terhadap perilaku model harus diterima, dipahami, dan diingat agar dapat meniru perilaku tersebut.
4. **Self-efficacy (Efikasi Diri)**Â Â