Mohon tunggu...
Hamdani
Hamdani Mohon Tunggu... Konsultan - Sang Musafir - Mencari Tempat untuk Selalu Belajar dan Mengabdi

Kilometer Nol

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Belajar Bisnis Iklan Cara Google

26 Juli 2018   07:59 Diperbarui: 26 Juli 2018   08:26 388
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Inti dari bisnis google adalah proposisi nilai yang memberikan teks iklan global yang sangat terarah melalui web. Melalui layanan yang bernama AdWords, pemasang iklan dapat mempublikasikan iklan dan link sponsor pada halaman pencarian Google. 

Iklan ditampilkan di sepanjang hasil hasil pencarian ketika orang menggunakan mesin pencari google. Pihak google menjamin bahwa hanya iklan yang relevan dengan istilah pencarian yang ditayangkan. 

Layanan ini sangat menarik bagi pemasang iklan karena memungkinkan mereka merancang sendiri kempanye daring pada pencari yang spesifik dan target demografi tertentu. 

Meskipun demikian, menurut beberapa pendapat pakar digital model ini hanya berhasil jika banyak orang yang menggunakan mesin pencari google. Semakin banyak orang yang dijangkau oleh google, semakin banyak iklan yang dapat ditampilkan, dan semakin besar pula nilai yang tercipta bagi pemasang iklan.

Proposisi nilai google bagi pemasang iklan sangat bergantung pada jumlah pelanggan yang tertarik pada situs Web-nya. Jadi, google melayani kelompok kedua dari pelanggan konsumen ini dengan mesin pencari yang berkemampuan tinggi dan sejumlah tool yang berkembang. 

Untuk memperluas daya jangkaunya, google merancang layanan ketiga yang memungkinkan semua iklannya terpasang pada situs Web non-google lain. 

Layanan tersebut bernama AdSense, memungkinkan pihak ketiga mendapatkan iklan google dengan memperlihatkan iklan google di situs mereka. 

AdSense secara otomatis menganalisis konten situs Web pihak ketiga tersebut yang berpartisipasi dan menampilkan iklan teks dan gambar yang relevan kepada pengunjung. 

Proposisi nilai untuk pemilik situs Web pihak ketiga ini, yaitu segmen pelanggan google memungkinkan mereka mendapatkan uang dari konten mereka sendiri. 

Sebagai sebuah platform, google memiliki model pendapatan yang sangat berbeda. Model ini menghasilkan uang dari satu segmen pelanggan, yaitu pemasang iklan, sambil menawarkan gratis kepada beberapa segmen lain, yaitu peselancar Web dan pemilik konten. 

Cara ini sangat logis karena semakin banyak iklan yang dilihat oleh peselancar Web, semakin banyak pula google mendapatkan pemasukan dari pemasang iklan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun