Mohon tunggu...
Canggih Dj
Canggih Dj Mohon Tunggu... -

kota kelahiran Banyuwangi, namun bertempat tinggal di kota Jember

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

EVALUASI untuk PAUD

19 Juni 2014   23:27 Diperbarui: 20 Juni 2015   03:05 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Penilaian dalam konteks pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah prosedur sistematis yang digunakan untuk mendapatkan informasi tentang kinerja dan atau kemajuan berbagai aspek perkembangan yang dapat dicapai oleh peserta didik setelah mengikuti kegiatan pembiasaan dalam kurun waktu tertentu. Prosedur sistematis tersebut mencangkup upaya mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan berbagai informasi yang diperoleh melalui kegiatan pengukuran dan nonpengukuran yang dilakukan secara berkala, menyeluruh dan berkelanjutan tentang kinerja dan perkembangan anak untuk mengambil keputusan. Penafsiran terhadap berbagai informasi tersebut dilakukan secara deskriptif kualitatif.(Uyu Wahyudin dan Mubiar Agustin; penilaian perkembangan anak usia dini)

Komponen penilaian dalam pembelajaran antara lain berfungsi untuk memberikan informasi tentang rancangan pembelajaran yang digunakan guru dalam kegiatan pembelajaran. Penilaian digunakan sebagai patokan untuk pengambilan keputusan. Keputusan tersebut berkaitan dengan individu atau anak, program atau kurikulum dan sekolah secara keseluruhan. Misalnya, seorang anak ditetapkan telah mencapai perkembangan yang baik dalam merangkai dua kata menjadi kalimat.(Anita Yus; penilaian perkembagan belajar anak taman kanak-kanak)

Untuk evalusi peserta PAUD (pesarta didik), ada beberapa macam evaluasi yang dapat digunakan dalam pendidikan anak usia dini yakni sebagai berikut;

1.Pengamatan (Observasi); evaluasi dilakukan hanya memperhatikan dari jauh saja, seperti halnya memperhatikan tingkah laku dan pergaulan anak.

2.Wawancara; bisa bertanya langsung pada anak atau pada orang tua, seperti menayakan suka apa?kenapa? dan lain-lain.

3.Sosiometri; merupakan teknik yang digunakan untuk mengetahui bagaimana kedudukan anak dalam berhubungan sosial di antara anggota kelompok.

4.Catatan Anekdot; adalah suatu teknik pengumpulan data yang bersifat pengamatan (observasi), karena guru sebagai pengamat hanya mencatat berbagai peristiwa yang terjadi selama proses kegiatan belajar anak berlangsung atau ketika anak bermain di luar tempat belajar.

5.Pemeriksaan Medis; disini pemeriksaan terhap psikologi anak, kemampuan jarak pandang,dan kesehatan. Hal ini dilakukan agar anak nyaman tidak merasa teracam jika dia memiliki sakit (sakit dalam)

6.Portofolio; seperti yang kita tahu, yakni lembar tugas namun disesuaikan dengan kemampuan.

7.Unjuk kerja; anak maju untuk mengekspresikan imajinasinya dengan pengawasan guru atau orang tua.

8.Kunjungan rumah; ini dilakukan untuk hal yang benar-benar mengkhawatirkan.

9.Penugasan; tidak berupa tuntutan melainkan kegiatan yang membangun semangat belajar.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun