Mohon tunggu...
Candra Rachmadita Hapsari
Candra Rachmadita Hapsari Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

be yourself

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Hal-hal yang Harus Diperhatikan oleh Guru Sebelum Melakukan Penilaian dan Langkah Melakukan Proses Penilaian Terhadap Peserta Didik

29 Juni 2024   11:50 Diperbarui: 29 Juni 2024   12:09 417
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Nah sobat online, perlu diketahui loh hal yang harus diperhatikan sebelum penilaian dan langkah sebelum penilaian, yuk simak 

Pertama, Hal yang harus diperhatikan oleh guru sebelum melakukan penilaian

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum berbasis kompetensi. Jadi penilaian hasil belajar peserta didik pada kurikulum 2013 meliputi aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Nah, Hal yang perlu dipersiapkan oleh guru sebelum penilaian dilakukan adalah menetapkan KKM dan menyiapkan instrumen penilaian. KKM akan dijadikan dasar untuk menetapkan kegiatan remedial atau pengayaan yang akan dilaksanakan oleh peserta didik. Kriteria Ketuntasan Minimal yang selanjutnya disebut KKM adalah kriteria ketuntasan belajar yang ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mengacu pada standar kompetensi lulusan. Dalam menetapkan KKM, satuan pendidikan harus merumuskannya secara bersama antara kepala sekolah, pendidik, dan tenaga kependidikan lainnya. KKM dirumuskan setidaknya dengan memperhatikan 3 (tiga) aspek, yaitu karakteristik peserta didik (intake), karakteristik mata pelajaran (kompleksitas materi/kompetensi), dan kondisi satuan pendidikan (guru dan daya dukung) pada proses pencapaian kompetensi. Ada beberapa model KKM. Model KKM terdiri atas lebih dari satu KKM dan satu KKM. Satuan pendidikan dapat memilih salah satu dari model penetapan KKM tersebut. Setelah KKM ditentukan, capaian pembelajaran peserta didik dapat dievaluasi ketuntasannya. Peserta didik yang belum mencapai KKM berarti belum tuntas, wajib mengikuti program remedial, sedangkan peserta didik yang sudah mencapai KKM dinyatakan tuntas dan dapat diberikan pengayaan.

Adapun langkah langkahnya loh..

Kedua, Langkah- Langkah Melakukan Proses Penilaian

Adapun langkah-langkah yang perlu diperhatikan dalam melakukan proses penilaian, di antaranya:

1. Membuat dan Menetapkan Rencana serta Tujuan Pembelajaran

Saat membuat RPP, guru pasti sudah membuat dan menetapkan tujuan penilaian. Setiap kompetensi dasar memiliki indikator atau hasil belajar yang nantinya bisa siswa dapatkan dari proses pembelajaran, meliputi apa yang harus dilakukan siswa (kemampuan), apa yang harus siswa ketahui (pengetahuan), dan dan bagaimana siswa menyikapinya (sikap atau perilaku).

2. Menentukan Teknik Penilaian yang tepat

Terdapat beberapa teknik yang bisa digunakan untuk melakukan kegiatan penilaian. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk mengetahui dan menetapkan teknik penilaian mana yang akan digunakan. Proses penilaian melibatkan bagaimana suatu data dikumpulkan untuk menarik kesimpulan di akhir proses pembelajaran. Guru bisa menggunakan indikator-indikator yang terdapat pada kompetensi dasar untuk menentukan teknik penilaian yang akan digunakan.

3. Pelaksanaan Proses Penilaian

Setelah menentukan tujuan penilaian dan teknik yang digunakan, saatnya mengumpulkan data atau nilai. Dalam kaitannya dengan mengumpulkan nilai, guru perlu menyusun terlebih dulu kisi-kisi dan membuat soal, terutama jika teknik penilaian yang dipilih adalah ujian tertulis. Setelah siswa selesai mengerjakan ujian, guru bisa melakukan proses penilaian berdasarkan pedoman penskoran yang sebelumnya juga sudah dirancang.

4. Menganalisis Penilaian

Pada tahap ini, guru melakukan proses penafsiran atau interpretasi dari penilaian yang telah dilakukan dan dikumpulkan. Guru dapat melihat sejauh mana tingkat pemahaman siswa terhadap materi dan seberapa besar keberhasilan pembelajaran yang dicapai. Dari proses penilaian, kemudian dapat ditarik kesimpulan yang mengacu pada tujuan pembelajaran di awal.

5. Menyesuaikan Pembelajaran

Tujuan dari dilaksanakannya proses penilaian salah satunya adalah mendapatkan hasil penilaian yang bisa digunakan untuk memperbaiki proses pembelajaran ke depannya. Proses penilaian dikatakan belum berhasil ketika hasilnya tidak mengarah atau belum bisa mencapai tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, perlu dilakukan penyesuaian atau perbaikan strategi, metode, materi, cara penyampaian, bahan ajar pendukung atau hal lain yang berkaitan dalam pembelajaran.

Saat hasil penilaian dirasa sudah cukup baik, maka proses penilaian yang didapatkan dapat digunakan sebagai acuan untuk mempertahankan atau mengembangkan kegiatan pembelajaran sehingga menjadi lebih baik dan maksimal.

Nah, itulah tadi informasi terkait hal yang harus diperhatikan oleh guru sebelum melakukan penilaian dan Langkah melakukan proses penilaian terhadap peserta didik. Semoga apa yang telah ditulis di atas bisa menjadi sumber pengetahuan baru bagi kita semua. Dan semoga bapak/ibu guru sekalian bisa terus menjadi lebih baik dalam proses penilaian khususnya, juga proses pembelajaran pada umumnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun