Teknologi saat ini semakin canggih dan berkembang, sehingga dapat membantu masyarakat  dalam mengembangkan kreativitasnya dengan sangat mudah. Adanya teknologi saat ini menghadirkan new media atau media baru, sebagai wadah masyarakat dalam berkomunikasi, dan mengekspresikan diri tanpa adanya batasan ruang dan waktu.Â
Media baru pastinya juga masih berhubungan dengan jaringan internet, yang mana internet sebagai penghubung sebagai jalannya komunikasi dalam media baru agar lebih lancar dan praktis.
Apa itu New Media atau Media Baru ?
New Media atau Media Baru dapat diartikan sebagai media yang dapat menayangkan sebuah konten atau informasi secara interaktif kepada audiens atau orang yang melihatnya (Gafar, 2008 : 38). Sehingga secara tidak langsung tetap menciptakan suatu komunikasi yang terjadi, dan menimbulkan adanya feedback atau umpan balik.Â
McQuail juga mengatakan, bahwa dengan hadirnya new media atau media baru memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah dan bersifat interaktif (Kurnia, N. Â 2005. hal. 294).
New Media atau Media baru membantu seseorang untuk dapat berkomunikasi tanpa harus bertatap muka. Selain itu, seseorang dapat mencari atau mengakses segala informasi yang terbaru kapan saja dan dimana saja selama memiliki koneksi jaringan internet (Puspita, 2015 : 206).
McQuail (dalam, Kurnia, N. 2005. Hal. 292), mengelompokan new media menjadi empat kategori:
Komunikasi Interpersonal, seperti telepon, handphone, dan email
Komputer Videogame, media untuk bermain interaktif
Portal atau search engine, media untuk pencarian informasi
Media Partisipasi Kolektif, penggunaan internet sebagai wadah pertukaran dan berbagi informasi, serta dapat berpendapat dan berbagi pengalaman.