Beberapa hari yang lalu, untuk mengimplementasikan keputusan dan penyebaran Komite Pusat Partai dan Dewan Negara secara menyeluruh untuk memperdalam reformasi pengumpulan dan pengelolaan pajak, mempercepat pembangunan perpajakan yang cerdas, dan meningkatkan kemampuan penegakan hukum, layanan, dan pengawasan pajak. secara menyeluruh, kota kami telah merumuskan rencana implementasi untuk memperdalam reformasi pengumpulan dan pengelolaan pajak lebih lanjut dan mengeluarkan 26 langkah besar telah diambil untuk memastikan bahwa tugas-tugas reformasi dilaksanakan dan efektif.Â
Rencana tersebut menjelaskan bahwa pada tahun 2022, pemungutan pajak kota dan reformasi manajemen akan membuat kemajuan penting dalam standarisasi penegakan hukum pajak, kenyamanan layanan pajak dan biaya, dan akurasi pengawasan pajak; pada tahun 2023, sistem baru undang-undang perpajakan penegakan hukum, layanan pajak dan biaya, dan pengawasan pajak pada dasarnya akan didirikan. Mewujudkan penegakan hukum yang ilmiah dan tepat, layanan yang halus dan cerdas, dan pengawasan yang rahasia dan tepat; pada tahun 2025, memperdalam pengumpulan pajak Kota ini memberikan dukungan yang kuat.Â
26 langkah ini telah memfokuskan upaya mereka pada peningkatan digital pengumpulan dan pengelolaan pajak, metode penegakan pajak, layanan pajak dan biaya, pengawasan pajak, tata kelola bersama pajak, dan perlindungan organisasi pajak, dan sangat praktis. Mempromosikan pengumpulan dan pengelolaan pajak secara komprehensif Peningkatan digital dan transformasi cerdasÂ
1. Aktif menggalakkan pembangunan smart perpajakan. Patuhi integrasi perpajakan pintar ke dalam pembangunan kota pintar, dan manfaatkan sepenuhnya teknologi informasi modern seperti data besar, komputasi awan, kecerdasan buatan, dan Internet of Things seluler, untuk mempromosikan konvergensi dan koneksi terkait pajak dan data terkait biaya antara departemen perpajakan dan departemen terkait. Pada dasarnya mewujudkan "tipe satu rumah" informasi pajak badan hukum dan pengumpulan informasi pajak cerdas "satu orang" untuk orang perseorangan pada tahun 2022, dan pada dasarnya mewujudkan "satu jenis biro" informasi agen pajak dan "satu anggota ketik" informasi personel pajak pada tahun 2023. Untuk menciptakan ekologi baru perpajakan cerdas di Tianjin yang sangat terintegrasi dan mudah beradaptasi.Â
2. Mempromosikan reformasi faktur elektronik secara tertib. Menerapkan platform layanan faktur elektronik nasional terpadu, ia memberikan layanan kepada wajib pajak seperti aplikasi faktur elektronik, penerbitan, pengiriman, dan inspeksi gratis 24 jam sehari. Pada 2025, pada dasarnya kita akan mewujudkan elektronikisasi semua bidang, semua tautan, dan semua elemen faktur.Â
3. Mempromosikan berbagi data dan aplikasi teknologi baru dengan penuh semangat. Mengandalkan Platform Pertukaran dan Berbagi Sumber Daya Informasi Tianjin, kami akan meningkatkan mekanisme koordinasi berbagi data yang dinormalisasi dan dilembagakan antara departemen perpajakan dan pengawasan pasar dan departemen lain, membuka blokir akuisisi informasi dan saluran penyediaan eksternal, dan menjamin akuisisi terkait pajak yang diperlukan dan informasi terkait biaya sesuai dengan hukum. Secara aktif membangun basis data sumber daya data besar perpajakan yang berskala besar, beragam, bernilai tinggi, dan terperinci. Jelajahi dan tingkatkan mekanisme kerja normal dari tata kelola keamanan data besar pajak untuk memastikan keamanan seluruh siklus hidup data. Berikan permainan penuh pada potensi elemen data dan jelajahi pembentukan sistem indeks analisis pajak yang komprehensif dengan karakteristik Tianjin. Terus memperluas penerapan blockchain dalam mempromosikan berbagi informasi terkait pajak dan terkait biaya. Lebih mengoptimalkan metode penegakan pajakÂ
4. Kewenangan pengelolaan pajak yang ketat. Mematuhi prinsip perundang-undangan perpajakan dan standarisasi pengelolaan kebijakan perpajakan. Pemerintah di semua tingkatan dan departemen terkait tidak boleh melebihi otoritas manajemen pajak untuk membuat pungutan pajak, penangguhan, pengurangan pajak, pembebasan pajak, pengembalian pajak, suplemen pajak, dan keputusan lain yang bertentangan dengan undang-undang dan peraturan perpajakan, dan melindungi kepentingan perpajakan nasional dan lokal sesuai dengan hukum.Â
5. Menjaga ketertiban pemungutan pajak. Melakukan pekerjaan dengan baik dalam pemungutan dan pengelolaan pajak sesuai dengan undang-undang dan peraturan, dan dengan tegas mencegah pemungutan "pajak dan biaya yang berlebihan" dan intervensi administrasi yang tidak tepat dalam pekerjaan perpajakan. Operasi ekonomi yang komprehensif dan penerapan kebijakan pengurangan pajak dan biaya dan faktor lainnya, menghitung target pendapatan secara rasional, dan menyusun anggaran pendapatan berdasarkan fakta.Â
6. Memperbaiki undang-undang dan kebijakan pajak daerah. Melaksanakan penetapan, modifikasi, penghapusan dan interpretasi peraturan pajak dan retribusi daerah serta kebijakan dan tindakan pendukung. Mempelajari dan merumuskan langkah-langkah perlindungan pajak pada waktu yang tepat. Merevisi undang-undang dan kebijakan yang relevan dari premi asuransi sosial kota kami secara tepat waktu.Â
7. Mengatur secara tegas tindakan penegakan pajak. Sepenuhnya menerapkan publisitas penegakan hukum administrasi, seluruh proses catatan penegakan hukum, dan sistem tinjauan hukum dari keputusan penegakan hukum utama, dan menerapkan entri online, sirkulasi, pengawasan dan penyelidikan penegakan hukum administrasi. Membangun sistem kontrol kualitas yang cerdas untuk penegakan hukum pajak. Menerapkan generasi otomatis hukuman untuk deklarasi yang terlambat untuk menstandarisasi kekuatan diskresi dari hukuman administrasi pajak.Â