PT. LG Electronik Indonesia adalah perusahaan manufaktur elektronik yang beroperasi dalam lingkup global. Perusahaan ini dihadapkan pada tekanan untuk meningkatkan efisiensi operasional, mengelola risiko, dan mencapai tujuan strategis perusahaan. Dalam konteks ini, penggunaan sistem pengendalian manajemen yang efektif menjadi krusial untuk memastikan kelangsungan dan pertumbuhan perusahaan. Selain itu, industri manufaktur elektronik juga dihadapkan pada perkembangan teknologi yang cepat dan persaingan global yang semakin ketat.
PT. LG Electronik Indonesia didirikan di Indonesia pada tahun 1990 dan bergerak dalam bidang industri elektronik. Perusahaan ini memiliki lebih dari 2000 karyawan yang tersebar di seluruh Indonesia. Visi perusahaan adalah menjadi perusahaan elektronik nomor satu di Indonesia dan terus berupaya untuk menciptakan produk unggulan yang disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan pasar Indonesia.
Perusahaan ini memiliki beberapa tata nilai yang mempengaruhi cara perusahaan beroperasi dan berinteraksi dengan pelanggan, karyawan, dan masyarakat. Berikut beberapa tata nilai yang terlihat: visi strategik, slogan dan logo, komitmen terhadap karyawan, inovasi dan kualitas, dan pedoman perilaku. Visi strategik perusahaan adalah menjadi perusahaan elektronik nomor satu di Indonesia. Slogan "Life’s Good" mencerminkan kepercayaan perusahaan bahwa kehidupan diperkaya dan dipertinggi oleh produk-produk yang dirancang dengan bakat dan dibangun dengan keahlian.
Perusahaan ini sangat berkomitmen dalam mengelola orang-orang yang memiliki kompetensi untuk mengembangkan dan meningkatkan kompetitif global perusahaan. Perusahaan ini juga berupaya untuk meningkatkan kondisi tempat kerja yang memang sudah hebat dan memberikan nilai yang lebih besar bagi para pemangku kepentingan. Inovasi dan kualitas produk juga menjadi fokus perusahaan, dengan menggunakan bahan baku yang lebih baik dan meningkatkan kepuasan pelanggan.
Struktur organisasi perusahaan ini terdiri dari beberapa bagian, seperti penganggaran dan keuangan, perencanaan strategis dan operasional, pelaksanaan dan pengukuran kinerja, dan pengawasan dan evaluasi kinerja. Perusahaan ini juga memiliki sistem penganggaran yang efektif untuk mengelola keuangan dan meningkatkan efisiensi operasional. Dalam hal ini, penggunaan sistem pengendalian manajemen yang efektif menjadi krusial untuk memastikan kelangsungan dan pertumbuhan perusahaan.
Dalam menghadapi tekanan dari berbagai pihak, sistem pengendalian manajemen perusahaan harus mampu memberikan informasi yang akurat, relevan, dan tepat waktu untuk mendukung pengambilan keputusan yang strategis. Oleh karena itu, pemahaman yang mendalam tentang latar belakang regulasi dan tuntutan pemangku kepentingan eksternal menjadi penting dalam merancang sistem pengendalian manajemen yang efektif di PT. LG Electronik Indonesia.
Tugas : Sistem Pengendalian Manajemen
Dosen pengampu : Rakhmawati Oktavianna M.M
Prodi S1 Akuntansi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Pamulang
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H