Mohon tunggu...
Calista Ramadhani Ersani
Calista Ramadhani Ersani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

hai

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peran Layanan Dasar Bimbingan dan Konseling pada Peserta Didik: Membantu Menyelesaikan Masalah

2 Agustus 2024   13:52 Diperbarui: 2 Agustus 2024   13:53 140
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pernah ga sih kaliam dengar tentang bimbingan konseling (bk)? tentu saja kata itu terdengar tidak asing di telinga kita.ternyata kata bimbingan koseling merupakan 2 kata yang memiliki makna berbeda loh.

Bimbingan merupakan suatu proses untuk membantu seseorang dalam menenetukan pilihan yang penting yang dapat mempengaruhi kehidupan kedepannya,sedangkan konseling di berikan oleh seseorang yang bermasalah dengan menerapkan prinsip-prinsip kesehatan mental,perkembangan psikologis melalui Intervensi kognitif,afektif, perilaku, atau sistemik dan strategi yang mencanangkan kesejahteraan pertumbuhan pribadi, perkembangan karir, dan  patologi.pengunaan kata penghubungdan antara dua terminologi itu dapat dimaknai bahwa upaya bimbingan tidak selamanya harus diikuti dengan konseling tetapi pada saat layanan konseling dilakukan harus di dalam perspektif bimbingan sebagai upaya pedagogis.dalam pendidikan setelah layanan konseling mesti berlanjut dengan layanan bimbingan karena konseli, jelasnya peserta didik berada pada lingkungan belajar dan perkembangan dimana layanan bimbingan secara terus menerus di laksanakan.

Kira-kira kalian di sekolah sudah pernah konsul apa aja nih dengan guru bk kalian? guru bk harus mampu menyediakan layanan bagi siswa yang memiliki kebutuhan tertentu dan masalah dengan segera,bisa secara langsung maupun online. mengoptimalkan layanan bk pribadi,sosial,belajar,karir untuk megedukasi siswa dengan tema-tema yang menarik dan sesuai dengan kondisi saat ini dengan startegi layanan dasar bk,seperti berikut:

1. Layanan klasikal

➜ Pengertian

Bimbingan klasikal merupakan salah satu strategi dasar pelayanan serta pelayanan peminatan dan perencanaan individu dalam komponen program bimbingan dan konseling.Layanan bimbingan klasikal merupakan salah satu layanan bimbingan dasar yang
dirancang untuk menuntutGuru Bimbingan dan Konseling melakukan kontak langsung dengan siswa secara terjadwal, berupa kegiatan diskusi kelas, tanya jawab, dan praktik langsung yang dapat membuat siswa aktif dan kreatif dalam belajar. berpartisipasi dalam kegiatan yang disediakan.(POP BK,2016:62)

➜ Tujuan

  •  dapat memberikan pertolongan pada siswa untuk mendapatkan pemahaman diri.
  • menolong siswa dalam mencapai kesinambungan antara pikiran, perasaan dan perilaku.
  • menolong siswa untuk meningkatkan pribadi, sosial, belajar dan karir.

2. Bimbingan kelompok

➜ Pengertian

Bimbingan kelompok merupakan Sesuatu aktivitas yang dicoba oleh sekelompok orang dengan menggunakan dinamika kelompok. Maksudnya, seluruh partisipan dalam aktivitas kelompok silih berhubungan, leluasa menghasilkan komentar, menjawab, berikan anjuran, serta lain- lain sebagainya; apa yang di bicarakan itu seluruhnya berguna buat diri partisipan yang bersangkutan sendiri serta buat Perseta lainnya. (Prayitno,1995)

➜ Tujuan

  • Mampu berbicara di depan orang banyak.
  • Mampu mengeluarkan pendapat, ide, saran, tanggapan dan perasaan kepada orang banyak dan bertanggung jawab atas pendapat yang dikemukakannya
  • Belajar menghargai pendapat orang lain

3.  Layanan orientasi

➜ Pengertian

Menurut Prayitno, Layanan orientasi yaitu layanan konseling yang memungkinkan siswa
memahami lingkungan yang baru dimasukinya untuk mempermudah dan memperlancar peran
siswa dalam lingkungan baru.

➜ Tujuan

  • Membantu peserta didik menyesuaikan lingkungan baru
  • Mempermudah peran peserta didik dalam lingkungan baru

4. Layanan informasi 

➜ Pengertian 

Merupakan suatu layanan yang berupaya memberikan pemahaman suatu informasi untuk memenuhi kekurangan individu.

➜  Tujuan 

  • Mengembangkan pola kehidupan peserta didik
  • Menguasai pemahaman informasi untuk menyelesaikan masalah

Dengan layanan yang telah di berikan oleh guru bk terhadap peserta didik  di harapkan dapat membantu peserta didik dalam kehidupan sehari-hari  karena dengan layanan tersebut membantu kita mengenali potensi dalam diri kita,mengatasi masalah,membuat keputusan yang tepat yang nantinya tidak membuat kita menyesal, dan dapat mengelola perasaan kita seperti emosi yang sulit di kendalikan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun