Mohon tunggu...
Ahmad Zulfikarnain Lubis
Ahmad Zulfikarnain Lubis Mohon Tunggu... Full Time Blogger - | Pendiri jakmas.com | newjurnalis.com |

Mengemban amanah sejarah dan beradaban yang diciptakan dari semangat perkembangan seorang jurnalis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

2 Hari Rumah Sakit Surabaya Medical Service Terlaksana Surve Akreditasi LARSI

25 Juni 2023   23:32 Diperbarui: 25 Juni 2023   23:40 810
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Direktur Utama, Direktur Operasional dan dr. Elizabeth Aryani Jiwanto, M. Kes sekaligus, Dwiono Mudjianto, Ns., M. Epid


JATIM - 2 Hari Hadapi akreditasi, Rumah Sakit Surabaya Medical Service (RSSMS) Jawa Timur, Mengadakan pendampingan akreditasi oleh Lembaga Akreditasi Rumah Sakit Indonesia (LARSI). Kegiatan berlangsung dihari Senin-Selasa 19-20 Juni 2023.

LARSI Lembaga memberikan surve Rumah Sakit Surabaya Medical Service (RSSMS ) untuk memenuhi syarat rumah sakit. Standar itu meliputi Tata Kelola Rumah Sakit (TKRS), Kualifikasi dan Pendidikan Staf (KPS), Manajemen Fasilitas dan Keselamatan (MFK), Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP), Manajemen Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (MRMIK).

Poto bersama rsu.sms serta direktur utama, direktur operasional, dr. Elizabeth Aryani Jiwanto, M. Kes sekaligus, Dwiono Mudjianto, Ns., M. Epid
Poto bersama rsu.sms serta direktur utama, direktur operasional, dr. Elizabeth Aryani Jiwanto, M. Kes sekaligus, Dwiono Mudjianto, Ns., M. Epid

dr. Elizabeth Aryani Jiwanto, M. Kes sekaligus, Dwiono Mudjianto, Ns., M. Epid keliling setiap Poli, hingga kamar INAP di RSSMS, mulai dari Juga Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI), Akses dan Kesinambungan Pelayanan (APK), Hak Pasien dan Keterlibatan Keluarga (HPK), Pengkajian Pasien (PP), Peyanan dan Asuhan pasien (AP), Pelayanan Anastesi dan Bedah (PAB), Pelayanan Kefarmasian dan Penggunaan Obat (PKPO), Komunikasi dan Edukasi (KE), Sasaran Keselamatan Pasien (SKP) dan Program Nasional (Prognas).

dr.Muhklas Udin, M.KES. Direktur RSSMS ( Rumah Sakit Surabaya Medical Service ) akreditasi rumah sakit tidak sekadar untuk mendapatkan sertifikat, tapi merupakan alat ukur (indikator) untuk menilai pelayanan sesuai akreditasi LARSI dan sudah diberikan pada pasien dan keluarganya.”Semangat memberikan yang terbaik pada pasien dan keluarga adalah penjabaran dari khoirunnaas anfauhum linnaas, sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain,” katanya.

 Di sapa oleh dr. Etty, Marjati pemberian bunga untuk penghormatan dr. Elizabeth Aryani Jiwanto, M. Kes sekaligus, Dwiono Mudjianto, Ns., M. Epid
 Di sapa oleh dr. Etty, Marjati pemberian bunga untuk penghormatan dr. Elizabeth Aryani Jiwanto, M. Kes sekaligus, Dwiono Mudjianto, Ns., M. Epid

Selama 2 hari pelaksanaan survei akreditasi dilalui dengan penuh semangat oleh seluruh karyawan rumah sakit. Beberapa masukan dan arahan disampaikan oleh kedua dr. Elizabeth Aryani Jiwanto, M. Kes,Dwiono Mudjianto, Ns., M. Epid terhadap hasil telusur dokumen dan implementasi di lapangan. Dari Tim LARSI mengatakan bahwa RSSMS ( Rumah Sakit Surabaya Medical Service ). Memiliki komitmen yang kuat terhadap upaya peningkatan mutu dan keselamatan pasien, untuk menghadapi tantangan masa depan maka harus dilaksanakan terus sesuai perkembangan dan berkesinambungan.

( Dopri RSU.SMS )
( Dopri RSU.SMS )

dr.Muhklas Udin, M.KES menjelaskan, hadapi akreditasi memutuskan memilih LARSI sebagai Komitmen Rumah sakit Surabaya Medical Service pada mempunyai standar Saat ini terdapat lembaga independen penyelenggara akreditasi

"Tim Surve Lembaga Akreditasi Rumah Sakit Indonesia ( LARSI) boleh memilih sebebas-bebasnya lembaga yang akan diminta menilai rumah sakit yang dipimpinnya." Ujar Dwiono Mudjianto, Ns., M. Epid

dr. Elizabeth Aryani Jiwanto, M. Kes menjelaskan, (LARSI) tidak akan meng-intervensi rumah sakit, tapi hanya memotret manajemen dan asuhan pasien. Tujuan akreditasi adalah untuk mendapatkan gambaran sejauh mana pemenuhan standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah, sehingga mutu pelayanan rumah sakit dapat dipertanggungjawabkan. Akreditasi, sambung dia, sangat bermanfaat baik bagi rumah sakit itu sendiri, masyarakat maupun pemilik rumah sakit.

Sementara Direktur (RSSMS) dr.Muhklas Udin, M.KES serta Pemilik RSSMS hingga Staff Managemen (RSSMS) mampu menjaga status Akreditasi Paripurna-nya. ”Dengan semangat, kekompakan dan sinergi Direktur dan Pemilik serta dukungan dari Majelis Kesehatan PDA, saya yakin Akreditasi Paripurna bisa diraih kembali,” tuturnya.

Acara penutupan di hari kedua dengan diskusi santai serta penyerahan penghormatan sekaligus poto bersama atas rasa kebanggaan LARSI, Pemilik (RSSMS) sekaligus Direktur (RSMS) dr.Muhklas Udin, M.KES, Direktur Operasioanal (RSSMS) Purwanto S.H dan Jajaran Staff RSSMS, Karyawan RSSMS sesi ini disampaikan terima Kasih kelebihan dan kekurangan rumah sakit serta rekomendasi dari TIM " Ujar Cak Lubis Jurnalis

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun