Bagi suatu bisnis terutama skala kecil sampai menengah, desain dan papan nama adalah suatu elemen terpenting terutama dalam hal branding UMKM. Hal ini akan berpengaruh besar terhadap kelangsungan UMKM tersebut. Sebuah tempat usaha yang mempunyai papan nama di lokasinya akan lebih mudah untuk dikenali banyak orang. Selain itu, papan nama di tempat usaha juga bisa mempengaruhi perilaku para konsumen dalam membeli produk tertentu.
Oleh sebab itulah, penerapan papan nama merupakan salah satu hal penting supaya bisa memberikan kesan menarik pada sebuah tempat usaha. Apalagi jika papan nama tersebut menampilkan desain yang unik dan informatif. Kendati demikian, dalam hal ini, masih cukup banyak pelaku UMKM di berbagai daerah Indonesia masih belum sadar akan pentingnya papan nama di tempat usaha.
Pembuatan Desain dan Papan Nama Sebagai Bentuk Peningkatan Branding UMKM
Banyaknya pemilik UMKM yang belum memiliki papan nama biasanya karena mereka tak tahu pentingnya peningkatan branding tersebut. Selain itu ada juga kemungkinan ketidakmampuan para pelaku UMKM dalam hal mendesain papan nama tempat usahanya. Padahal papan nama sejatinya menjadi identitas tempat usaha yang menjadi salah satu aspek terpenting yang harus diperhatikan oleh para pelaku UMKM.
Menyikapi hal itu, mahasiswa KKN UNTAG Surabaya yang bernama Cahyo Dwi Putro terjun langsung ke masyarakat terutama para pelaku UMKM yang ada di Menur Pumpungan Surabaya tepatnya Gorengan Ibu Ambar bersama dengan Ibu Fransisca Benedicta Avira Citra Paramita, S.I.Kom., M.Med.Kom, selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dari KKN. Hal ini bertujuan untuk mengadakan sosialisasi tentang upaya peningkatan branding produk dan pembuatan desain papan nama untuk produk gorengan milik Ibu Ambar selaku pemilik UMKM tersebut.
Kegiatan dimulai dengan pelaksanaan sosialisasi tentang pentingnya branding produk lewat papan nama bagi para pelaku UMKM. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pembuatan desain papan nama. Sebelum membuat desainnya, mahasiswa berdiskusi dan bertanya kepada Ibu Ambar selaku pemilik UMKM gorengan terkait warna, serta informasi apa saja yang hendak ditampilkan dan diaplikasikan dalam desain papan nama tempat usaha tersebut.
Pembuatan desain papan nama menjadi cukup cepat karena memakai aplikasi Canva yang mudah dalam penggunaannya. Sesudah desain papan nama dibuat, berikutnya mahasiswa KKN membuat desain papan nama ke percetakan terdekat. Kemudian mahasiswa KKN memberikan papan nama yang sudah jadi itu kepada pelaku UMKM Gorengan Ibu Ambar.
Selain itu desain papan nama juga diberikan bentuk soft file agar bisa menggantinya dengan mudah saat rusak nanti. Tak hanya melakukan sosialisasi serta pembuatan papan nama, mahasiswa juga memberikan leaflet. Adapun leaflet ini di dalamnya berisi ringkasan materi yang sudah disampaikan berisi pentingnya penerapan peningkatan branding produk oleh pelaku UMKM serta informasi lain yang sangat bermanfaat.
Diharapkan leaflet itu bisa menjadi media belajar para pelaku UMKM tentang mengenal branding produk. Dengan adanya sosialisasi upaya peningkatan produk dan pembuatan papan nama tersebut, diharapkan bisa membantu para pelaku UMKM supaya lebih maju kedepannya dan mudah dikenal banyak orang.