Mohon tunggu...
Cahya umi Hamamah
Cahya umi Hamamah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Mahasiswa program studi Akuntansi UMM

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Kontribusi Data Analis dalam Pengambilan Keputusan Manajemen Pusat Laba

26 Juni 2024   12:57 Diperbarui: 26 Juni 2024   12:57 61
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Di era yang serba digital ini, banyak perusahaan yang dituntut untuk selalu sejalan dengan teknologi. Teknologi yang memudahkan pekerjaan selesai dengan cepat dan tepat membuatnya menjadi salah satu pertimbangan dalam setiap pengambilan keputusan manajemen perusahaan. 

Pentingnya data perusahaan dalam penerapan teknologi ini sangat krusial. Karena yang dibutuhkan teknologi dalam membaca situasi perusahaan adalah melalui data perusahaan.

Pusat laba merupakan salah satu sistem pengendalian manajemen yang kesuksesannya dinilai dari tingkat laba yang dihasilkan. Dimana komponen laba terdiri dari profitabilitas dan biaya yang digunakan selama produksi. Pusat laba dapat mengawasi juga mengatur bagaimana tingkat penjualan dan biaya dapat mempengaruhi laba yang didapatkan.

Penggabungan data analis sebagai salah satu pertimbangan dalam pengambilan keputusan manajemen pusat laba dapat meningkatkan kualitas pengambilan keputusan. 

Data berkaitan dengan laba yang dianalisis oleh data analis adalah analisis penjualan, analisis keuangan, analisis operasional, dan analisis pasar. Sehingga dapat disajikan data yang lebih relevan dengan keadaan perusahaan serta ekonomi pasar yang dapat membantu manajemen mengambil keputusan.

Data analis dapat menggali berbagai informasi. Cara kerja data analis sendiri adalah mengumpulkan, membersihkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data dari berbagai sumber data. 

Hal inilah yang membuatnya menjadi aset tak ternilai bagi manajemen pusat laba karena manajemen dapat membuat keputusan yang lebih terinformasi dan terukur. Data analis ini membantu melihat peluang serta resiko, tren pasar, dan mengevaluasi efektivitas strategi dan taktis bisnis.

Selain itu, dalam hal operasional, manajemen pusat laba bertugas untuk mengoptimalkan proses bisnis, mengurangi pemborosan, dan meningkatkan efisiensi operasional. 

Dengan menganalisis data kinerja, manajemen dapat mengetahui area yang perlu diperbaiki dan menentukan solusi yang tepat untuk meningkatkan produktivitas dan profitabilitas. Pemanfaatan data secara efektif ini dapat memberikan keunggulan kompetitif bagi pusat laba.

Namun diantara semua manfaat yang telah dijelaskan, penerapan teknologi dalam manajemen pusat laba memiliki beberapa tantangan seperti biaya implementasi serta pemeliharaan yang berkelanjutan, adaptasi karyawan terhadap teknologi serta proses yang membutuhkan waktu, serta pengembangan kemampuan dan keterampilan dalam mengoperasikan teknologinya. 

Meskipun banyaknya tantangan yang memakan waktu, tetapi manfaat yang berkepanjangan juga patut diperhitungkan. Dengan strategi yang matang dan persiapan yang memadai, perusahaan dapat memanfaatkan teknologi data analis untuk meningkatkan profitabilitas dan mencapai kesuksesan dalam manajemen pusat laba.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun