Mohon tunggu...
Cahya Dewi Afrida
Cahya Dewi Afrida Mohon Tunggu... Apoteker - sarjana farmasi

Saya memiliki hobi seperti suka keliling ke tempat baru dan menemukan hal baru dan say juga suka menonton. saya memiliki kepribadian yang pemdiam ketika menenmui orang baru.

Selanjutnya

Tutup

Hukum Pilihan

Tantangan, Ancaman, Hambatan, dan Gangguan, (TAHG) di Era Mahasiswa

17 Desember 2024   21:22 Diperbarui: 18 Desember 2024   12:26 32
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto  pembelajaran mahasiswa mengenai Bela Negara dalam TAHG, Sumber; farmasi unissula

TANTANGAN, ANCAMAN, HAMBATAN, DAN GANGGUAN (TAHG) DI ERA MAHASISWA

Ancaman adalah suatu hal atau usaha yang bersifat mengubah atau merombak kebijaksanaan yang dilakukan secara konsepsional, kriminal serta politik. Tantangan adalah suatu hal atau usaha bertujuan atau bersifat menggugah kemampuan. Hambatan adalah suatu hal atau usaha berasal dari diri sendiri yang bertujuan melemahkan atau menghalangi secara tidak konsepsional. Gangguan adalah usaha dari luar yang bertujuan melemahkan atau menghalangi secara tidak konsepsional.Tantangan, ancaman, hambatan, dan gangguan (TAHG) yang dihadapi bangsa Indonesia terus berubah dan berkembang seiring perkembangan situasi dn kondisi dosmetik serta global berkembang. Tantangan, ancaman, hambatan, dan gangguan (TAHG) yang dihadapi bangsa Indonesia terus berubah dan berkembang diantaranya yaitu:

Tantangan internal, keragaman masyarakat, kesenjangan sosial dan ekonomi, meningkatnya kasus kriminalitas dan narkoba, paham etnosentrisme dan radikalisme, kurangnya pemahaman dan kesadaran masyarakat mencintai budaya sendiri, dan munculnya ideologi-ideologi separatisme

Tantangan eksternal, campur tangan negara asing dalam menyelesaikan masalah internal negara, masuknya budaya asing, pelanggaran wilayah yang dilakukan oleh negara-negara tetangga, gangguan keamanan kemaritiman dan dirgantaraan, dan pengaruh globalisasi

Ancaman keamanan laut dan udara, potensi gangguan ancaman keamanan laut dan udara di Indonesia tinggi karena kondisi geografis Indonesia yang terbentang pada pelintasan transportasi dunia yang padat

Ancaman di bidang ekonomi, globalisasi ekonomi membuka peluang produk dalam negeri ke pasar internasional secara kompetitif, tetapi juga membuka peluang masuknya produk-produk global ke pasar domestic

Tantangan kedaulatan digital, perkembangan teknologi yang cepat, keterbatasan sumber daya, dan tekanan dari negara-negara maju yang memiliki kepentingan ekonomi di bidang digital.

Tantangan, ancaman, hambatan, dan gangguan (TAHG) adalah berbagai factor yang dapat mempengaruhi keamanan, stabilitas, dan kemajuan suatu bangsa. Dimana kita sebagai mahasiswa yang aktif disebuah universitas islam sultan agung harus memahami apa itu TAHG dan perannya di dalam menghadapi TAGH. Terdapat beberapa jenis dalm TAHG yaitu:

Ancamn fisik (peran, teorisme, bencana alam)

Ancaman non-fisik (siber, propaganda, radikalisme)

Hambatan ekonomi (krisis, inflasi, pengangguran)

Hambatan sosial (kesenjangan, diskriminasi, konflik)

Gangguan politik (korupsi, nepotisme, konflik elit)

Peran Mahasiswa dalam Menghadapi TAHG

1. Pendidikan dan Kesadaran: mahasiswa harus memahami TAHG dan dampaknya terhadap bangsa. Mahasiswa memainkan peran penting dalam menghadapi TAHG melalui beberapa cara. Pertama, mereka harus memahami konsep TAHG, ancaman, dan dampaknya terhadap bangsa. Kedua, mahasiswa harus berpartisipasi aktif dalam kegiatan bela negara, sosial, dan kemasyarakatan untuk meningkatkan kesadaran dan kemampuan menghadapi TAHG. Ketiga, mahasiswa harus mengembangkan kemampuan kepemimpinan dan manajemen untuk menjadi agen perubahan positif

2. Advokasi dan Aktivisme: Mahasiswa harus berpartisipasi dalam kegiatan advokasi dan aktivisme untuk mengkritisi kebijakan yang tidak tepat dan mempromosikan kebijakan yang mendukung keamanan nasional. Mereka juga harus berpartisipasi dalam diskusi dan debat tentang isu-isu keamanan nasional untuk meningkatkan kesadaran masyarakat.

3. Pengembangan Kapasitas: Mahasiswa harus meningkatkan kemampuan dan pengetahuan tentang keamanan nasional melalui pendidikan dan pelatihan. Mereka juga harus mengembangkan kemampuan analisis dan penelitian untuk mengidentifikasi dan menganalisis ancaman. Selain itu, mahasiswa harus mengembangkan kemampuan digital dan inovatif untuk menghadapi ancaman siber dan teknologi.

4. Kerja Sama: Mahasiswa harus bekerja sama dengan lembaga pemerintah, non-pemerintah, dan masyarakat untuk mengembangkan solusi dan strategi menghadapi TAHG. Mereka juga harus berpartisipasi dalam kegiatan diplomasi untuk mempromosikan citra bangsa dan meningkatkan kerja sama internasional.

5. Pengembangan Solusi: Mahasiswa harus mengembangkan solusi inovatif untuk menghadapi TAHG, seperti pengembangan teknologi keamanan, sistem pengawasan, dan strategi komunikasi. Mereka juga harus mengembangkan kemampuan sosial dan komunikasi untuk menghadapi konflik sosial dan mempromosikan keharmonisan masyarakat.

Strategi Menghadapi TAHG dalam mahasiswa

- Strategi Umum

Mahasiswa harus memahami konsep TAHG dan dampaknya terhadap bangsa. Mereka harus meningkatkan kesadaran akan pentingnya keamanan nasional dan mengembangkan kemampuan analisis untuk mengidentifikasi ancaman. Strategi ini meliputi pendidikan dan pelatihan, diskusi dan debat, serta pengembangan kemampuan kepemimpinan dan manajemen

- Strategi Pencegahan

1. Meningkatkan kesadaran akan pentingnya keamanan nasional melalui pendidikan dan pelatihan.

2. Mengembangkan kemampuan analisis untuk mengidentifikasi ancaman.

3. Meningkatkan kemampuan digital dan inovatif untuk menghadapi ancaman siber.

4. Mengembangkan sistem pengawasan dan pengamanan.

5. Meningkatkan kerja sama dengan lembaga pemerintah dan non-pemerintah.

- Strategi Penghadapan

1. Mengembangkan solusi inovatif untuk menghadapi TAHG.

2. Mengembangkan kemampuan sosial dan komunikasi untuk menghadapi konflik sosial.

3. Berpartisipasi dalam kegiatan bela negara dan latihan dasar.

4. Mengadvokasi kebijakan keamanan nasional.

5. Mengembangkan kemampuan kepemimpinan dan manajemen untuk menghadapi krisis.

- Strategi Mitigasi

1. Mengembangkan rencana kontinjensi untuk menghadapi krisis.

2. Meningkatkan kemampuan pengelolaan krisis.

3. Mengembangkan sistem pengawasan dan pengamanan.

4. Meningkatkan kerja sama dengan lembaga pemerintah dan non-pemerintah.

5. Mengembangkan kemampuan komunikasi untuk menghadapi krisis.

- Strategi Pemulihan

1. Mengembangkan rencana pemulihan pasca-krisis.

2. Meningkatkan kemampuan pengelolaan pemulihan.

3. Mengembangkan sistem pengawasan dan pengamanan.

4. Meningkatkan kerja sama dengan lembaga pemerintah dan non-pemerintah.

5. Mengembangkan kemampuan komunikasi untuk menghadapi pemulihan.

- Implementasi Strategi

1. Mengintegrasikan strategi ke dalam kurikulum pendidikan.

2. Mengadakan pelatihan dan workshop.

3. Membentuk tim penghadapan TAHG.

4. Mengembangkan kerja sama dengan lembaga pemerintah dan non-pemerintah.

5. Mengalokasikan sumber daya untuk mendukung strategi.


Dengan menerapkan strategi ini, mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan menghadapi TAHG dan mendukung keamanan nasional.


Bela Negara juga memiliki hubungan dalam TAHG. Dimana dijelaskan bahwa Bela Negara merupakan kesediaan warga negara untuk melindungi, menjaga, dan mempertahankan kedaulatan, keutuhan, dan keamanan negara, yang terdiri dari factor dri TAHG untuk kemajuan bangsa. Jadi kita sebagai mahasiswa yang aktif harus memiliki tanggung jawab yaitu seperti berkontribusi dalam menjaga keamann dan kedaulatan negara.

Berikut adalah penjelasan rinci tentang aspek-aspek bela negara bagi mahasiswa dalam menghadapi Tantangan, Ancaman, Hambatan, dan Gangguan (TAHG):


# Aspek Ideologi

Mahasiswa harus memahami dan menghayati ideologi negara, seperti Pancasila dan UUD 1945, untuk memperkuat kesadaran dan komitmen terhadap keamanan nasional. Hal ini meliputi pemahaman tentang nilai-nilai kebangsaan, sejarah perjuangan kemerdekaan, dan peran mahasiswa dalam mempertahankan kedaulatan negara.


# Aspek Keamanan Nasional

Mahasiswa harus memahami konsep keamanan nasional, termasuk ancaman dan tantangan keamanan, untuk mengembangkan kemampuan analisis dan pengambilan keputusan. Aspek ini meliputi pemahaman tentang:

1. Ancaman fisik dan non-fisik.

2. Keamanan negara dan kedaulatan.

3. Peran lembaga keamanan negara.


# Aspek Kepemimpinan dan Pengaruh

Mahasiswa harus mengembangkan kemampuan kepemimpinan dan pengaruh untuk menjadi agen perubahan positif dalam menghadapi TAHG. Hal ini meliputi:

1. Pengembangan kemampuan kepemimpinan dan manajemen.

2. Mengembangkan visi dan misi keamanan nasional.

3. Meningkatkan kemampuan komunikasi dan negosiasi.


Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hukum Selengkapnya
Lihat Hukum Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun