Mohon tunggu...
Cahya Astutiningsih
Cahya Astutiningsih Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Akuntansi Perpajakan Undip 2019

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tingkatkan Efisiensi dalam Bertransaksi, Mahasiswa KKN Undip Kenalkan QRIS pada Pelaku UMKM

14 Februari 2023   00:08 Diperbarui: 14 Februari 2023   00:12 446
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Wonogiri (10/2/2023) - Permasalahan yang kerap kali terjadi pada UMKM saat bertransaksi secara konvensional, seperti tidak adanya uang tunai pas atau uang kembalian, dan juga risiko penipuan uang palsu merupakan suatu permasalahan yang harus diselesaikan. Selain itu, Banyaknya pelaku UMKM yang terdapat di Desa Wonodadi menjadi salah satu potensi untuk mendukung program digitalisasi pemerintah, khususnya digitalisasi ekonomi yang dicanangkan oleh Bank Indonesia.  

Untuk meningkatkan efisiensi dalam bertransaksi antara penjual dan pembeli, mahasiswa KKN UNDIP Tim I Berdasarkan bidang keilmuan yang ditempuh, melaksanakan Salah satu program kerja monodisiplinnya yaitu "Digitalisasi Ekonomi: Pengenalan Qris kepada Pelaku UMKM Setempat" di Desa Wonodadi, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri.

QRIS (dibaca kris) adalah singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standard. Seperti namanya, QRIS merupakan upaya standardisasi oleh Bank Indonesia untuk semua perusahaan yang memanfaatkan teknologi finansial (fintech) seperti GoPay, OVO, DANA, LinkAja, dan lainnya. Menurut Bank Indonesia, QRIS menyatukan berbagai macam QR code dari beragam Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP). Hal itu membuat transaksi digital menggunakan QR code menjadi lebih cepat, aman, dan tentunya mudah.

Pelaksanaan program kerja monodisiplin "Digitalisasi Ekonomi: Pengenalan Qris kepada Pelaku UMKM Setempat" dilaksanakan pada minggu ke tiga, selama satu minggu. Program ini dilaksanakan secara door to door kepada pelaku UMKM, Selanjutnya sosialisasi dilakukan dengan mengenalkan pembayaran QRIS. Pembahasan dalam sosialisasi yang dilakukan kepada pelaku UMKM diataranya: dijelaskan mengenai apa itu QRIS, keunggulan QRIS, manfaat QRIS bagi penjual, manfaat QRIS bagi pembeli, langkah-langkah pendaftaran QRIS untuk merchant, serta langkah-langkah menggunakan QRIS. Dengan adanya sosialisasi mengenai kemudahan transaksi QRIS, harapannya para pelaku UMKM tertarik mendaftarkan QRIS untuk merchantnya. Dengan QRIS tentunya proses transaksi akan lebih mudah dan efisien karena hanya perlu mendaftar sekali untuk menerima pembayaran digital melalui aplikasi apapun. Pada akhir sosialisasi, dilakukan pembagian leaflet mengenai solusi kemudahan transaksi QRIS.

dok.pribadi
dok.pribadi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun