Surabaya (06/12) -- Mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur kelas Pancasila G-847 Kelompok 1 Â berinsiatif melakukan penyuluhan kepada anak-anak Sekolah Dasar Negeri 01 Rungkut Kidul Kelas 6 untuk memenuhi tugas akhir pancasila. Dengan Dosen pembimbing Anindo Saka Fitri, S.Kom, M.Kom. dan disusun oleh Shafira, Ria, Rista, Zaid, Dani, dan Cahya. Disini membahas terkait Pemahaman tentang sila-sila Pancasila serta mengaplikasikan karakter dan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari sangat berperan dalam membentuk generasi yang memiliki kesadaran dalam ber-Pancasila. Pancasila adalah pondasi dari sistem nilai-nilai yang sangat penting dalam kehidupan bangsa Indonesia.
Karakter Pancasila seperti pemahaman mengenai sila-sila pancasila dari sila pertama hingga kelima dengan contoh implementasi langsung sila-sila pancasila di kehidupan sehari-hari sangatlah penting untuk ditanamkan pada anak sekolah dasar. Hal ini dikarenakan anak-anak merupakan masa depan bangsa dan telah menjadi kewajiban untuk membentuk karakter mereka.
Berikan pemahaman yang sederhana dan relevan tentang nilai-nilai Pancasila kepada anak-anak. Gunakan contoh-contoh konkret dalam kehidupan sehari-hari untuk menjelaskan nilai-nilai seperti persatuan, keadilan, demokrasi, kerakyatan, dan kemanusiaan. Tujuan dari pemahaman yang sederhana untuk nilai pancasila sendiri adalah Pembentukan karakter positif, Peningkatan Rasa Cinta Tanah Air, dan Penguatan nasionalisme. Serta kegiatan ini memberikan motivasi karakter anak-anak kelas 6 untuk mempersiapkan diri dan menghadapi transisi karakter pada Sekolah Menengah Pertama (SMP).
Jadilah contoh yang baik serta Role-model bagi anak-anak dalam mengamalkan karakter dan nilai-nilai Pancasila. Tunjukkan sikap dan perilaku yang mencerminkan persatuan, saling menghormati, keadilan, dan kesetaraan. Anak-anak cenderung meniru perilaku yang mereka lihat dari orang-orang di sekitar mereka.
Sekolah dapat menciptakan lingkungan yang mendukung penanaman nilai-nilai Pancasila, dengan memastikan bahwa kebijakan dan tata tertib sekolah mencerminkan nilai-nilai tersebut. Sekolah juga dapat menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung pengembangan karakter dan kepribadian yang sesuai dengan Pancasila.
Penting untuk diingat bahwa menanamkan karakter Pancasila bukanlah tugas yang selesai dalam waktu singkat, melainkan sebuah komitmen sejak dini hingga akhir, termasuk pemerintah, pendidik, keluarga, dan masyarakat secara keseluruhan. Sehingga penanaman nilai-nilai Pancasila harus sudah diajarkan kepada generasi muda dimulai dari lingkungannya masing-masing.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H