AKSI NYATA MODUL 3.3
MENJADIKAN MURID SEBAGAI PEMIMPIN DALAM PROSES PEMBELAJARAN MELALUI KEGIATAN "MARKET DAY"
Oleh: Supriyadi, S.Pd.
CGP Angkatan 4 Kabupaten Temanggung
Latar Belakang
Selama pandemi covid-19, kantin sekolah tidak diperbolehkan untuk buka. Meskipun murid sudah melaksanakan pembelajaran luring di sekolah tetapi kebijakan ini masih tetap berjalan. Hal ini menyebabkan peserta didik kesulitan untuk mendapatkan makanan dan minuman ketika di sekolah.
Berangkat dari permasalahan tersebut maka perlu dilakukan kegiatan untuk menyediakan makanan dan minuman yang dapat dibeli atau dikonsumsi oleh peserta didik ketika di sekolah. Makanan dan minuman tersebut berasal dari murid dan untuk murid. Ahirnya muncul ide gagasan untuk melaksanakan kegiatan market day sebagai bagian dari kegiatan pembelajaran bagi peserta didik. Dalam kegiatan market day mencakup suara (voice), pilihan (choice), dan kepemilikan (ownership) murid.
Pada tahap suara murid (voice), murid diberi kesempatan untuk mengomunikasikan ide dan pendapatnya dengan memberikan kesempatan murid untuk bertanya, memberikan pendapat, berdiskusi berkaitan kegiatan market day yang akan dilaksanakan. Selain itu murid juga diberi kebebasan untuk menentukan menu atau produk yang akan dijual dalam kegiatan market day tersebut.
Pada tahapan pilihan murid (choice), murid diberi kesempatan untuk dapat memberdayakan dirinya, mendorong keterlibatan dalam pembelajaran, dan mengenalkan pada minat pribadi dalam pengalaman belajar. Dalam hal ini yakni memberikan murid kesempatan untuk memilih kelompok serta memberikan kesempatan pada murid untuk menentukan rencana, jadwal atau agenda dalam melaksanakan market day.
Pada tahapan kepemilikan (ownership), murid bertanggungjawab terhadap proses pembelajaran. Mengajak murid untuk menentukan layout tempat kegiatan market day dan strategi supaya apa yang dijual dapat laku.
Kegiatan Aksi Nyata