Mohon tunggu...
Buyung Nurman
Buyung Nurman Mohon Tunggu... Lainnya - Penulis Lepas

Orang biasa.

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Menuju Areal Perkebunan Kopi " Semiyak" Lebong Jalannya Mendaki Ekstrim, Melintas Ekstra Hati-hati! (2)

8 Agustus 2024   05:57 Diperbarui: 8 Agustus 2024   07:57 261
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto kesibukan pagi di kebun.  sumber : dokumen pribadi. 

Menuju Areal Perkebunan Kopi " Semiyak " Lebong Jalannya Mendaki Ekstrim, Melintas Ekstra Hati-hati  !  (2 )

Bismillah,

Keinginan saya untuk lebih lama  bermalam, guna  mengamati lebih jauh  teknik para pekebun mengelola tanaman kopinya "dikampung"  perkebunan kopi semiyak Lebong tidak jadi terwujud.

Bayangan ekstrimnya jalan yang dilintasi dan  curamnya topografi lahan perkebunan serta dinginnya iklim di wilayah ini terutama pada malam hari, menjadikan saya hanya dapat bertahan  selama 9 hari saja dan segera ingin "keluar" dari lokasi perkebunan.

Hawa dingin yang menyengat sampai ketulang ini, boleh jadi karena ketinggian lokasi perkebunan diperkirakan mencapai ribuan meter dpl (maaf) belum ada data kongkrit.

Juga data pada HP android yang saya bawah  tercantum suhu di wilayah terdekat, dengan jarak kurang lebih 25 kilometer yaitu Kecamatan  Rimbo Pengadang menunjukkan angka  20 C.

Sepeda motor modif sebagai sarana angkut andalan.  sumber : dokumen pribadi. 
Sepeda motor modif sebagai sarana angkut andalan.  sumber : dokumen pribadi. 


Untuk mengatasi serangan rasa dingin itu, sebenarnya dapat diupayakan dengan memakai pakaian tebal yang berlapis-lapis dan perlengkapan lainnya, tapi saya khawatir akan turun hujan lebat yang  tentunya akan memperparah jeleknya jalan.

Oleh karena itu saya pamitan dengan beberapa orang  ponakan, bahwa saya akan kembali ke Kota Bengkulu setelah bertahan dan bermalam ditempat mereka selama lebih dari sepekan.

Dan, kepada mereka saya katakan tolong "keluarkan" sepeda motor standar yang saya bawah karena saya sudah tidak sanggup lagi mengendarai dan tolong boncengkan dengan sepeda motor modif yang mereka miliki.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun