Mohon tunggu...
Burhan Shodiq
Burhan Shodiq Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa prodi Peternakan UNS 2022

saya menyukai olahraga futsal

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Saya Bangga Menjadi Salah Satu Mahasiswa UNS

20 Maret 2023   05:59 Diperbarui: 20 Maret 2023   06:28 97
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum & Burhan Shodiq H0522044 

Dosen PBSI FKIP UNS Ketua Umum ADOBSI & Pegiat Literasi Artfuzh Ratulisa 

Email : rohmadi_dbe@yahoo.com/ Youtube: M Rohmadi Ratulisa

Saya Bangga Menjadi Salah Satu Mahasiswa UNS

Menjadi mahasiswa di suatu perguruan tinggi negerl (PTN) adalah mimpi semua orang. Mengapa tidak? Bayangkan saja jumlah pendaftar untuk dapat dapat berkuliah di PTN mencapai ribuan orang sedangkan yang diterima hanya segelintiran orang saja atau hanya sekitar berapa persennya saja. Dengan banyaknya pendaftar ini banyak orang berlomba-lomba untuk mendapatkan PTN yang diinginkan. Beberapa orang bahkan merelakan waktu, uang, dan tenaganya untuk bisa meraih mimpinya bisa berkuliah di PTN yang diinginkan.

PTN sendiri memiliki beberapa jalur untuk bisa masuk ke PTN tersebut, salah satunya yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Di tahun 2022 kemarin pendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) mencapai 645.202 pendaftar dan hanya 115.178 siswa atau sekitar 17,85 persen yang diterima. Jalur SNMPTN Ini bisa dibilang jalur favorite, Kenapa sih dibilang favorite? Yap, karena jalur ini hanya menggunakan nilai raport semester 1 sampai semester 5 tanpa harus mengikuti test lagi Eitssss!! Tapi tidak semudah itu loh, untuk bisa masuk PTN melalui Jalur ini butuh seleksi yang sangat ketat yang dilakukan oleh panitia SNMPTN.

Pada hari Senin, 9 Mei 2022 lalu pengumuman SNMPTN telah dlumumkan. Alhamdullah, saya sangat bersyukur bisa menjadi bagian dari 115.178 siswa yang diterima dari banyaknya pendaftar Saya adalah seorang siswi dari salah satu SMAN Sukoharjo. Menurut beberapa survei, kemungkinan siswa SMA diterima melalui jalur ini sangat besar. Salah satu survel menjelaskan pada penerimaan SNMPTN 2021 sekitar 40% peserta SMA yang diterima melalui Jalur SNMPTN ini. Bahkan faktanya pada tahun 2021 lalu lebih dari 20 orang kakak kelas di sekolah saya yang diterima melalui jalur ini. Yap, salah satu cara terbaik untuk menyatakannya kesenangan ini adalah bersyukur.

Diterima di Universitas Negeri Sebelah Maret (UNS) prodi Peternakan adalah mimpi saya sejak dulu. Pada SNMPTN 2022 Ini, UNS menduduki peringkat ke 3 dengan tingkat keketatan penerimaan yang sangat tinggi. Ketidakmungkinan yang saya rasakan dulu, sekarang terjawab dengan kata MUNGKIN. Saya benar-benar bersyukur atas nikmat-Nya yang telah diberikan kepada saya. UNS bukan lagi hanya sekadar mimpi bagi saya tetapi sudah menjadi nyata.

Memiliki mimpi sebagai seorang enterpreneur dibidang peternakan menjadi alasan mengapa saya memilih UNS. Ya, UNS bisa dibilang kampusnya para dosen berkualitas. Menurut pengalaman saya menjadi seorang siswa, ketika ada sosialisasi dari kakak kakak mahasiswa Universitas Sebelah Maret mereka sangat cerdas dan memotivasi para siswa. Mereka mempunyai gaya tersendiri dalam menyampaikan motivasi untuk selalu semangat dalam meraih kesuksesan, sehingga para siswa yang mendengarkan akan termotivasi untuk sukses dimasa depan.

Saya berharap setelah lulus dari UNS ini saya akan menjadi seorang yang berkualitas sehingga akan turut serta dalam memajukan peternakan Indonesia. Saya bangga menjadi mahasiswa UNS

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun