Mohon tunggu...
Nanang Diyanto
Nanang Diyanto Mohon Tunggu... Perawat - Travelling

Perawat yang seneng berkeliling disela rutinitas kerjanya, seneng njepret, seneng kuliner, seneng budaya, seneng landscape, seneng candid, seneng ngampret, seneng dolan ke pesantren tapi bukan santri meski sering mengaku santri wakakakakaka

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Makam Tumenggung Jayengrono di Pulung Merdiko dan Mitosnya

21 Januari 2018   22:47 Diperbarui: 22 Januari 2018   08:43 7363
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
masjid yang berada di timur makam, sedang dalam perbaikan

Tempat mana yang paling banyak didatangi menjelang pilkada? Makam atau kuburan jawabnya. Entah apa tujuan mereka namun itu kenyataanya. Apapun tujuan mereka adalah hak masing-masing, itu adalah rahasia masing-masing yang punya hajat dengan Tuhannya. Begitu pula makam Raden Tumenggung Jayengrono di desa Pulung Merdiko, Pulung di kabupaten Ponorogo ini ramai di saat  begini.

Bagi orang Jawa ijin atau pamitan adalah hal yang wajib, ini merupakan unggah-ungguh, adab kesopanan, terutama kepada orang yang dihormati atau diteladani. Masih hidup ataupun sudah meninggal bagi mereka sama, orang tua, guru, atau panutan akan selalu terpatri dalam hati. Itu penjelasan pak Waji peziarah dari Madiun yang kebetulan bertemu di masjid Jayengrono minggu kemarin. Menurutnya menghormati beliau tiada batas, ikatan batin sangatlah kuat, doa yang dipanjatkan dalam ziarah adalah cara mereka untuk saling mengasihi, menyayangi, menghormati.

Hanya keluarga dan keturunan Tumenggung Jayengrono yang di makamkan di komplek yang berpagar
Hanya keluarga dan keturunan Tumenggung Jayengrono yang di makamkan di komplek yang berpagar
Itu salah satu alasan mengapa calon pemimpin yang akan bertarung di pilkada mendatangi makam Raden Tumenggung Jayengrono. Hampir semua calon bupati di Ponorogo berziarah ke makam beliau menjelang pemilihan, bahkan calon pemimpin kabupaten di sekitarnya kata pak Rukun yang rumahnya sekitar makam.

Menurut sejarah, Raden Tumenggung Jayengrono adalah putera  Raden Mas Sasangka atau Adipati Harya Metaun adipati di Jipang (Bojonegoro). Beliau masih trah dari Sunan Pakubuwono dari garwo selir. Beliau menyamar dari kebangsawananya, bergabung menjadi rakyat biasa di desa Kranggan Sukorejo wilayah Ponorogo tepatnya pada tahun 1696. Di desa tersebut beliau membantu keamanan desa yang kala itu rawan. 

Pada saat Sunan Pakubuwono II mengungsi ke Ponorogo beliau melewati desa Kranggan, di situlah Jayengrono bertemu dengan Sunan Pakubuwono. Pembawaan Jayengrono yang halus dan berbudipekerti membuat sang sunan memintanya untuk nderekne (mengawal,ikut serta). Sang sunan yakin kalau Jayengrono keturunan bangsawan. Jayengronopun nderekne sang sunan yang bertirakat sambil dalam pelarian di daerah Pulung, Sawoo, Bayangkaki, Tegalsari, Menang, sampai kondur merebut tahtanya kembali.

Sebagai hadiah tahun 1745 Jayengrono diberi jabatan bupati dan mendapat gelar tumenggung. Bupati Ponorogo Raden Surobroto lalu mempersilahkan Tumenggung Jayengrono memilih sendiri tempat yang akan menjadi wilayahnya untuk membuka lahan. Daerah tersebut sekarang menjadi daerah Siman, Mlarak, dan Pulung. Kala itu bernama kabupaten Pedanten yang berpusat di daerah Patihan Kidul Siman.

Tumenggung Jayengrono orang yang ahli beragama, bertirakat, dan halus budi pekertinya, baik turut katanya, menggurangi dahar dan sare (makan dan tidur), selalu bekerja siang malam. Orang jawa menyebutnya apambeg pandita halus selayaknya pendeta. Beliau juga dikenal sebagai Kyai Sambang Dalan, karena setiap malam suka berpatroli seorang diri meneglilingi wilayahnya.

anak tangga menuju makam beliau, sekelilingnya makam umum
anak tangga menuju makam beliau, sekelilingnya makam umum
pintu gerbang makam
pintu gerbang makam
kotak amal dari besi yang seperti peti, beberapa kali dicuri namun kembali
kotak amal dari besi yang seperti peti, beberapa kali dicuri namun kembali
Menjelang masa tuanya beliau memilih menghabiskan masa tuanya di daerah Pulung sambil mengajarkan agama Islam di derah ini sampai meninggal tahun 1780. Daerah Pulung tempat beliau dimakamkan ini oleh sunan Pakubuwono ke III diberikan kebebasan pajak menjadi desa perdikan. Hal inilah awal nama desa Pulung Merdiko. Anak keturunanya menjadi bupati Ponorogo dan Caruban turun temurun, mungkin hal ini yang membuat alasan para peziarah menjelang pilkada.

Banyak mitos yang berkembang di makam beliau, siapa saja yang yang dimakamkan di komplek makan ini kalau bukan keturunan Tumenggung Jayengrono malam harinya akan muncul macan yang akan menggali dan mengeluarkan jasad orang yang baru dikubur tersebut.

Peziarah harus berjalan dodok, memakai lutut menapaki tangga-tangga makam sampai area pusara. Namun sekarang sudah jarang dilakukan dari bawah, hanya di daerah dalam pagar. Menurut pak Rukun ii bentuk penghormatan pada beliau, namun sekarang juga jarang dilakukan.

Pencuri yang mencuri di makam ini akan menjadi gila atau bingung, pernah dulu ada yang mencuri pohon cendana yang berada dalam komplek makam ini dengan menebangnya, si pencuri semalaman hanya berputar saya di dalam makam. Pernah juga beberapa kali kotak amal makam dicuri, namun lagi-lagi pencuri seperli orang linglung dan membawanya kembali kotak amal yang terbuat dari besi mirip peti.

Dulu imam masjid, muazin, penabuh kentongan dan bedug mendapatkan gaji berupa tanah bengkok.

Sedari dulu penduduk tidak berani mengadakan pagelaran wayang kulit karena dianggap hura-hura di tempat keramat, pernah beberapa tahun yang lalu pihak desa mengadakan bersih desa dengan menggelar pagelaran wayang kulit untuk mematahkan mitos, namun lagi-lagi masyarakat tidak berani melakukan hal tersebut.

Dulu tanah di desa Pulung Merdiko ini bebas pajak, namun dua puluhan tahun yang lalu orang ramai-ramai menyertifikatkan tanahnya karena takut akan hak kepemilikannya kelak.

masjid yang berada di timur makam, sedang dalam perbaikan
masjid yang berada di timur makam, sedang dalam perbaikan
pohon-pohon besar yang masih terawat membuat asri
pohon-pohon besar yang masih terawat membuat asri
Masjid peninggalan beliau kini sedang di rehab, menurut cerita penziarah akhir-akhir ini banyak jamaah dari luar daerah yang sedang bermukim disitu dan sering tiduran dalam masjid. Banyak pengunjung yang akan bertirakat di masjid merasa tidak nyaman. 

Sampai saat ini komplek makam beliau masih terawat, asri, dan sejuk terasa damai. Peziarah selalu ingin kembali lagi untuk berziarah karena suasana yang hening dan khidmad di daerah ini.

Menjelang ujian nasional dan pedaftaran pegawai negeri sipil makam dan masjid ini juga ramai dikunjungi peziarah yang memanjatkan doa, karena tempat ini dianggap mustajab.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun