"When school, families, and community groups work together, to support learning, children tend to do better in school, stay in school longer, and like school more." (Anne Handerson, Karen Mapp)
Sekolah merupakan milik institusional yang dirancang untuk menghadirkan suasana kehidupan akademik melalui proses dan serangkaian kegiatan pembelajaran, aturan, pembinaan, yang dikemas dengan rutinitas dan dengan pengawasan dan pembinaan seorang guru, serta adanya tujuan dan pencapaian yang jelas dengan standar tertentu, berdasarkan visi misi lembaga yang telah ditentukan.
Secara etimologi, kata "sekolah" berasal dari bahasa Latin "schola" artinya "istirahat, waktu luang". Dahulu anak-anak bangsa Yunani biasa mengisi waktu luang mereka dengan mendatangi orang-orang bijak untuk mengenal suatu pengetahuan, belajar keterampilan praktis yang mereka butuhkan di kehidupan sehari hari.
Dalam perkembangannya, kemudian Kekaisaran Bizantium mendirikan sistem persekolahan yang dimulai dari tingkat dasar. Menurut Traditions and Encounters, pendirian sistem pendidikan dasar dimulai pada 425 M, juga pendidikan yang diadakan oleh militer.Â
Pemerintahan Kekaisaran juga memberikan perhatian yang besar terhadap pendirian sebuah lembaga, sebagai keharusan untuk rakyatnya mengikuti pendidikan. Meskipun Bizantium kehilangan banyak kebesaran budaya Romawi dan kemewahan dalam proses mempertahankan kerajaan lewat peperangan. Kekaisaran menekankan adanya efisiensi dalam buku pedoman perangnya, dan itu dilakukan dalam praktik kegiatan sistem pendidikan Bizantium berlanjut sampai kekaisaran runtuh pada tahun 1453 Masehi. (Bentley, Jerry H. (2006). Traditions & Encounters a Global Perspective on the Past. New York).
Sekolah sebagai rumah pengetahuan dan kebijaksanaan
Saat anak-anak memasuki usia sekolah, kemampuan kognitifnya berkembang begitu cepat, namun emosinya masih belum stabil, dan cenderung berperilaku impulsif.Â
Sekolah sebagai sebuah institusi, hendaknya memberikan ruang dan kesempatan yang luas untuk pengembangan kedua aspek di atas (pengetahuan dan emosi) dalam porsi yang baik, sesuai kebutuhan perkembangannya.
Institusi sekolah bukan hanya tempat anak-anak mempelajari pengetahuan bidang ilmu tertentu saja, umumnya dikelompokkan ke dalam bidang sains, bahasa, matematika, pengetahuan sosial yang bertujuan membekali dasar-dasar pengetahuan akademik sesuai keadaan di tempat, atau negara mereka tinggal.Â
Sekolah adalah institusi yang menyediakan ruang untuk anak bebas melakukan berbagai aktivitas sesuai keinginannya dan kesukaannya. Kemudian memfasilitasi setiap individu berdasarkan kemampuan dasarnya dan kecenderungannya.