Mohon tunggu...
Darwin KangGURU
Darwin KangGURU Mohon Tunggu... Dosen - Pembelajar dan Pesiar; Serious Yet Casual

PEMBELAJAR yang menjelajah seraya mencerdaskan = A LEARNER who explores while enhancing

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Membangun Sekolah Ideal, IPK sebagai Panduan

9 Juli 2024   19:27 Diperbarui: 12 Juli 2024   20:38 40
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: pexels.com/school (2024)

"Sekolah yang ideal memiliki tiga komponen penting: I adalah interaksi antara guru, murid, dan sekolah; P adalah proses belajar mengajar yang menyenangkan dan efektif; dan K adalah kondisi lingkungan sekolah yang bersih, hijau, ramah anak, penuh semangat, inklusif, dan suportif"


Dalam pendidikan tinggi, IPK atau Indeks Prestasi Kumulatif adalah ukuran keberhasilan seorang mahasiswa dalam menyelesaikan studi. Namun, dalam konteks sekolah dasar dan menengah, IPK bisa diartikan sebagai ukuran sebuah sekolah yang ideal. Sekolah yang ideal memiliki tiga komponen penting: I adalah interaksi antara guru, murid, dan sekolah; P adalah proses belajar mengajar yang menyenangkan dan efektif; dan K adalah kondisi lingkungan sekolah yang bersih, hijau, ramah anak, penuh semangat, inklusif, dan suportif.

Membangun iklim belajar di sekolah dimulai dengan interaksi antara guru dan siswa. Ada sebuah peribahasa yang mengatakan bahwa "besi menajamkan besi, manusia menajamkan sesamanya". Dalam konteks kelas, ini berarti guru mengasah kecerdasan murid, sementara murid belajar menjadi lebih reseptif terhadap pelajaran. Interaksi positif antara guru dan murid adalah kunci keberhasilan, dan sangat disayangkan jika hubungan ini tidak terjalin dengan baik. 

Murid yang mendapatkan perhatian dan keramahan dari gurunya cenderung lebih fokus dan antusias dalam belajar. Sebaliknya, guru yang tidak mampu menjalin hubungan baik dengan muridnya kemungkinan besar akan gagal membuat murid memahami pelajaran dengan baik.

Proses belajar mengajar yang ideal adalah proses yang menyenangkan dan efektif. Materi pelajaran harus relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa agar mudah dipahami dan diterapkan. Di sekolah menengah atas, motivasi siswa seringkali berfokus pada masuk ke perguruan tinggi impian, sehingga mereka cenderung mengabaikan pentingnya pembelajaran untuk kehidupan sehari-hari. 

Proses pembelajaran yang demikian dapat membuat siswa merasa stres. Sebaliknya, pelajaran yang relevan dan aktual dengan kehidupan sehari-hari akan membuat pembelajaran lebih efektif dan bermakna. Guru yang berhasil menciptakan proses belajar mengajar yang efektif dan menyenangkan akan selalu dikenang oleh siswanya, meskipun sosok gurunya sendiri mungkin terlupakan.

Kondisi lingkungan belajar, baik fisik maupun non-fisik, harus diciptakan sedemikian rupa sehingga siswa merasa nyaman di sekolah atau kampus. Lingkungan yang bersih, terawat, dan ramah anak sangat penting. 

Selain itu, suasana emosional yang nyaman dan inklusif akan membuat siswa merasa diterima, tanpa memandang perbedaan ras, suku bangsa, bahasa, kebudayaan, agama, keyakinan, atau latar belakang keluarga. Lingkungan sekolah yang inklusif akan menciptakan keragaman yang memperkaya pemahaman siswa tentang realita kehidupan.

Dengan demikian, untuk membangun sekolah atau kampus yang ideal, tiga komponen ini harus ada: interaksi guru-murid yang sehat, proses belajar mengajar yang menyenangkan, dan lingkungan sekolah yang inklusif. Sekolah ideal tidak bisa dibangun dalam sekejap, tetapi melalui proses panjang yang terus menerus berdasarkan praktik baik dari konsep IPK tersebut hingga menjadi budaya sekolah yang berkualitas.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun