Mohon tunggu...
Darwin KangGURU
Darwin KangGURU Mohon Tunggu... Dosen - Pembelajar dan Pesiar; Serious Yet Casual

PEMBELAJAR yang menjelajah seraya mencerdaskan = A LEARNER who explores while enhancing

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Sejak Berlangganan, Mulai Menulis di Kompasiana

18 September 2023   17:12 Diperbarui: 18 September 2023   20:47 118
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Dokpri, 2023 

"Sesudah berlangganan, saya mulai merasa tertarik dengan dunia literasi melalui blog Kompasiana"

Saya memasuki dunia Kompasiana pada tanggal 2 Januari 2022 dengan sedikit minat untuk aktif menulis. Setelah hampir satu tahun tanpa aktivitas, saya akhirnya mengunggah tulisan pertama saya pada tanggal 01 Desember 2022. Kemudian, tulisan kedua baru muncul pada tanggal 20 Mei 2023. Ini berarti saya memiliki jeda waktu atau vakum selama 1 tahun 4 bulan antara mendaftar dan mengunggah tulisan kedua. Awalnya, minat saya terhadap Kompasiana tidak terlalu kuat.

Saat saya menjelajahi blog Kompasiana untuk mencari artikel yang relevan dan menarik, saya sering terganggu oleh iklan yang muncul. Akhirnya, pada tanggal 20 Mei 2023, saya memutuskan untuk mencoba langganan gratis Kompasiana. 

Setelah mencoba layanan ini, saya mulai merasa tertarik dengan dunia literasi melalui blog Kompasiana. Karena itu, pada tanggal 22 Juli 2023, saya memutuskan untuk berlangganan Kompasiana selama satu tahun agar bisa membaca konten tanpa gangguan iklan.

Namun, setelah berlangganan, saya merasa sayang jika hanya menjadi seorang pembaca pasif. Sebagai seorang staf pendidik, saya merasa penting untuk berbagi pemikiran melalui tulisan di Kompasiana. Selain itu, ini juga merupakan cara untuk mengaktualisasikan diri dan memanfaatkan langganan yang sudah saya bayarkan.

Setelah 2 bulan menjadi pelanggan Kompasiana, saya memeriksa jumlah poin saya di rubrik poin. Ternyata, saya telah mengumpulkan 252 poin dan masih berstatus sebagai penulis debutan. Untuk keluar dari status ini, saya harus mencapai 500 poin. Jadi, saat ini saya baru mencapai setengah dari perjalanan menuju keluar dari status penulis debutan. Dari 13 artikel yang saya unggah, hanya 5 yang dipilih oleh admin sebagai artikel pilihan.

Sumber: Screenshot Kompasiana, 2023
Sumber: Screenshot Kompasiana, 2023

Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada tim admin Kompasiana serta kepada para pengikut dan pembaca artikel saya di Blog Generasi Pembelajar. Saya memberi nama blog saya "Generasi Pembelajar" karena sebagai penulis pemula, saya masih memiliki banyak hal untuk dipelajari dari teman-teman sejawat. 

Dukungan dan perhatian dalam bentuk penilaian dan komentar dari berbagai kalangan di Kompasiana, mulai dari kelas junior hingga maestro, sangat berarti bagi saya. Ini akan membantu saya semakin bersemangat untuk menulis di Kompasiana dan terlibat lebih dalam dalam dunia literasi, baik dalam membaca maupun menulis. Salam Literasi dari Kompasiana!

Catatan penulis: Karya tulis popular ini telah diuji kemiripannya dengan "Turnitin Similarity Index" yaitu 0%. Data Turnitin tersedia

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun